Techno Fair and Seminar 2019, Wadah Kreativitas Mahasiswa di Bidang Teknologi AI

Afif Akbar Iskandar, S.Si., M.Kom., saat menyampaikan materi tentang AI dalam acara Techno Fair and Seminar 2019, Sabtu (30-11). (Salsa)

“Smart Technology for an Efficient Life,” merupakan tema yang diusung oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pendidikan dan Penalaran (PP) Politeknik Negeri Malang (Polinema) dalam serangkaian acara tahunan Techno Fair and Seminar 2019. Pada tahun ke-12 pelaksanaan acara ini, UKM PP lebih berfokus dengan teknologi Artificial Intelligent (AI),berbeda dengan tahun sebelumnya yang mengambil tema Teknologi Jaringan 5G. Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang teknologi, dan sebagai wadah kreativitas mahasiswa dalam acara pameran alat yang mereka buat. “Saat ini sudah era smart technology. Teknologi ini mempunyai tujuan untuk membuat kehidupan menjadi lebih efisien,” ujar Prastitan Aji Pratama, selaku Ketua Pelaksana Techno Fair and Seminar 2019.

Acara yang berlangsung pada Sabtu, 30 November 2019 ini, diawali dengan Seminar Nasional yang bertempat di Aula Pertamina. Pemateri pada seminar ini adalah Afif Akbar Iskandar, S.Si., M.Kom., founder ngodingpyhton.com dan ahli AI dari bukalapak.com. Seminar tersebut berlangsung sampai pukul 11.30 WIB. Peserta seminar kemudian diarahkan menuju Graha Theater untuk acara Techno Fair 2019. Techno Fair sendiri merupakan pameran alat dari perlombaan yang diadakan UKM PP yakni Innovative Technology Competition. Selain itu, ada Poster Competition. Kedua lomba ini memiliki subtema yang sama yakni “Industry, Health and Biomedical, Mechanic, Renewable Technology, IT, dan Electronic”. Perlombaan ini menargetkan mahasiswa aktif dari seluruh Indonesia. Pengumuman pemenang Poster Competition, dilakukan secara online melalui website UKM PP, sedangkan pemenang Innovative Technology Competition diumumkan saat Techno Fair berlangsung pada pukul 15.00 WIB.

Peserta Techno Fair dari UB saat menjelaskan cara kerja alat yang mereka buat bernama SISNARO kepada pengunjung, Sabtu (30-11). (Salsa)

Techno Fair diikuti total empat belas peserta, dari Politeknik Negeri Malang (Polinema), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), dan Universitas Akademi Manajemen Informatika (AMIKOM) Yogyakarta. Dalam acara ini, Polinema keluar sebagai Juara Pertama dengan alat “ATM Beras Berbasis Arduino dengan E-KTP”, diikuti UMS dengan alat “Testpack Sapi Otomatis berbasis Microcontrol (TESPI OM) sebagai Juara Kedua, dan UB dengan alat bernama “SISNARO (Wheeled Robot Navigation Control System with Hand Gesture using Kalman Filtering Method)” sebagai Juara Ketiga. Sedangkan untuk Poster Competition diikuti total sebelas peserta, dari Polinema, UM, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), serta Universitas Sebelas Maret (UNS). Poster karya Ahmad Rudi Fanani dari Unesa yang berjudul “How to be Save Energy Step-Step How to Save Energy Source”  terpilih menjadi pemenang.

Mohammad Faishol Fawwaz, selaku koordinator berharap, untuk ke depannya acara ini dapat lebih matang lagi persiapannya, seperti publikasi yang lebih maksimal sehingga mencakup wilayah yang lebih luas. “Untuk ke depannya panitianya agar lebih disiplin, on time, fasilitas dan publikasinya juga lebih diperbaiki,” saran Muhammad Fitra Nugraha peserta dari UB.

(Firda, Nabila, Salsa)

Related Posts