Selain Nugas, Ini Lima Kegiatan Mahasiswa Polinema yang Bisa Kalian Coba!

Kegiatan yang bisa dilakukan saat Work From Home. (Faizah)

Libur tentunya menjadi hal yang dinantikan oleh banyak orang. Biasanya, mereka memanfaatkan dengan beristirahat atau bersenang-senang. Namun apa jadinya jika mereka libur tetapi tetap menjalankan rutinitasnya? Seperti yang dialami oleh mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema). Memang benar mereka diliburkan untuk belajar di kampus akibat pandemi Corona Viruse Disease (COVID-19). Namun jangan salah, pembelajaran tetap berlangsung dengan sistem daring.

Kuliah daring yang menjadi penerapan physical distancing ini mengharuskan mahasiswa belajar di rumah melalui aplikasi seperti Zoom, Google Classroom, Whatsapp, dan lain-lain. Tak disangka, tugas yang diberikan semakin membeludak sehingga membuat kewalahan, ditambah lagi mahasiswa tidak bisa berpergian baik untuk sebuah kepentingan atau sekadar menghibur diri dan bertemu teman-teman. Ini membuat mereka mulai merasa bosan dan stress karenanya.

Kondisi seperti ini pastinya akan membuat kita merasa lelah. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Nah, kami telah merangkum kegiatan yang menarik apa saja yang biasa dilakukan mahasiswa Polinema selama di rumah. Penasaran kan ada apa saja? Yuk, simak di bawah!

1. Menjaga Kebugaran Tubuh dengan Olahraga

Menjaga kebugaran fisik dengan berolahraga cukup sangatlah penting demi meningkatkan imunitas tubuh menghadapi pandemi COVID-19. Melansir dari laman tempo.co, dokter olahraga, dr. Andi, menganjurkan masyarakat Indonesia untuk berolahraga secara rutin guna meningkatkan daya tahan tubuh. “Seharinya cukup berolahraga dengan waktu tiga puluh menit hingga satu jam. Tetapi mengingat bahayanya penyebaran infeksi COVID-19, lebih disarankan apabila kegiatan ini dilakukan cukup di dalam rumah.” ujarnya.

Berbicara tentang aktivitas olahraga yang dapat dilakukan di rumah, ada banyak jenis kegiatan fisik yang dapat dipilih seperti, seperti senam, squat, angkat beban, dan workout from home. Kegiatan ini tidak merogoh banyak biaya dan sangat mudah untuk dipraktikkan di rumah. Ditambah lagi di era digital ini sudah banyak video workout yang mudah kita temui di Youtube. Contohnya saja channel Chloe Ting, yang mengupload berbagai tutorial workout dengan jenis yang bervariasi. Kalian tinggal pilih deh, mau yang mana, dan sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

Seperti yang dilakukan oleh Martha Verawati Shabila, mahasiswa Jurusan Akuntansi Program Studi (Prodi) D4 Akuntansi Manajemen, yang telah menerapkan kegiatan berolahraga di rumah pada masa karantina. “Aku mulai olahraga jam 4 terus selesai sekitar jam 5. Biasanya treadmill atau pakai aplikasi, ada jumping jacks, plank, push up, dan banyak lagi. Manfaatnya jadi di badan lebih segar gitu, bisa meningkatkan imunitas dan mencegah penularan virus,” ujarnya.

2. Mengeksplor Hobi dan Mencoba Belajar Skill Baru

Berada di rumah saja bukanlah alasan untuk menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan. Malah, dapat menjadi kesempatan untuk menambah skill dan belajar banyak hal baru. Salah satunya yaitu belajar bahasa asing secara daring. Saat ini tersedia berbagai situs dan aplikasi bahasa yang dapat membantu kalian untuk menambah pengetahuan, informasi dari luar negeri, serta menambah peluang untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Salah satu contoh situsnya adalah BBC Learning English. Di situs tersebut ini kita dapat memepelajari bahasa inggris, baik dari grammar, vocabulary, pronouncation, dll.

Screenshots situs BBC Learning English. (Shanti)

Selanjutnya, mencoba hal baru yang tidak sempat atau tidak pernah dilakukan sebelumnya. Misalnya, berkebun, menulis cerita, membaca novel, dan berbagai hal sederhana lainnya. Seperti yang dilakukan Arifah Hayati, mahasiswa Jurusan Akuntansi Prodi D4 Akuntansi Manajemen, ia berujar bahwa selama physical distancing dirinya banyak menghabiskan waktu untuk membaca novel. Dalam satu harinya Arifah dapat menghabiskan satu novel, karena kebetulan membaca adalah kegiatan yang ia gemari.

Tak hanya melalui kegiatan membaca, Nina Mulyanti, mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Prodi D3 Administrasi Bisnis mengaku bahwa ia sering mencoba berbagai resep makanan dari sebuah aplikasi Tiktok selama di rumah. Menurutnya, hal ini membuat skill memasaknya bertambah. “Saya pernah mencoba resep dalgona coffee yang sekarang ini sedang ngetrend, lalu pie susu, perkedel tofu, dan udang tepung pedas,” Tuturnya.
Nah, kalian juga bisa nih mencontoh Nina. Siapa tahu dengan mencoba berbagai resep baru dari Tiktok skill memasak kalian semakin terasah. Tentunya hal itu bermanfaat dalam membantu kalian kalau sudah kembali menjadi anak kos, hehehe.

3. Menghibur Diri dengan Menonton Film Serial atau Bermain Game Online

Saat beraktivitas di hari biasa, tentunya jarang sekali mendapatkan kesempatan untuk menonton film karena waktu yang sangat terbatas. Biasanya sepulang kerja atau sekolah akan langsung beristirahat. Dengan physical distancing ini kita jadi punya kesempatan untuk nonton film yang tidak sempat kita tonton. Tak hanya itu, film serial pun bisa habis ditonton dalam sehari. Drama Korea menjadi serial favorit pilihan mahasiswa untuk dinikmati. “Buat ngisi waktu kosong ini, saya sering nonton drama Korea, variety show, juga flm-film yang bergenre thriller/action/comedy,” ujar Zahrotul Munafo’ah, mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Prodi D3 Administrasi Bisnis.

Di samping menonton film, bermain game juga dapat menjadi hiburan bagi kita. Saat melakukan isolasi mandiri di rumah. “Main game bisa membuat pikiran jadi fresh supaya saya bisa siap untuk menghadapi jobsheet yang akan datang,” Jelas Abizar, mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Prodi D4 Teknologi Informasi.

Zaman sudah berkembang. Di masa ini, ada banyak game serta aplikasi yang memiliki fitur online sehingga kita dapat tetap memainkannya bersama teman-teman tanpa tatap muka. Beberapa game online yang banyak diminati adalah plato, gartic, PUBG, dan lain-lain. “Saat ini, saya sering bermain gartic.io bersama teman-teman. Ya saya melakukannya tentu untuk mengisi waktu dan mengusir kebosanan,” ujar Nina Mulyanti, mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Prodi D3 Administrasi Bisnis.

Bagi para mahasiswa, tentu menonton film dan bermain game dapat menjadi kegiatan favorit untuk sekadar bersantai di sela-sela tugas. Tetapi ingat, meskipun ada banyak waktu untuk bersantai, tetap utamakan kewajiban sebagai mahasiswa, ya. Jangan sampai mengumpulkan tugas lewat deadline, nanti nyesel!

4. Rapat dan Progress-an Online bagi mahasiswa Organisasi Kampus

Pastinya adanya physical distancing memberikan dampak yang cukup besar bagi anak Organisasi Kemahasiswaan Intra (OKI) Polinema. Progress-an ataupun agenda terhambat, sehingga menumpuk dan mau tidak mau harus menata ulang time schedule. Solusinya mereka melakukan aktivitas seperti rapat, diskusi, sharing dengan berbasis daring menggunakan Whatsapp, Discord, ataupun Zoom.

Seperti yang dialami oleh Shalsabilla Naura Sakinah. Sebagai anggota Himpunan Mahasiswa Akuntansi, ia tetap melaksanakan rapat sebagaimana mestinya, walaupun harus dilakukan melalui sistem daring. “Kegiatan himpunan seperti proker banyak yang tertunda bahkan diberhentikan. Namun, rapat tetap berjalan dengan menggunakan media daring,” ujar Naura.

Rupanya meskipun di tengah pandemi yang terjadi semangat berorganisasi mereka tetap berkobar. Jikalau progress-an bisa berjalan secara online, lantas mengapa tidak? Setidaknya sih bisa diambil sisi positifnya, seperti tidak perlu lagi khawatir akan adanya jam malam kos atau mendapat omelan dari orang tua apabila rapat selesai terlalu larut.

5. Quality Time Bersama Keluarga

Kegiatan yang biasa kita lakukan di luar rumah tentunya tidak bisa lagi dilakukan sebebas dulu karena physical distancing. Sehingga ada banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga di rumah. Mengingat sekarang adalah bulan Ramadhan, kita bisa sering berbuka puasa bersama dengan seluruh anggota keluarga seperti ini. Jika dipikir lagi, Ternyata physical distancing dapat memberikan waktu berkumpul bersama keluarga bersama-sama lebih banyak sehingga menjadi lebih dekat satu sama lainnya.

Salah satu mahasiswa, Aisyah Rahmadhani, dari Jurusan Administrasi Niaga Prodi D4 Manajemen Pemasaran mengungkapkan bahwa quality time bersama keluarga dapat sangat dirasakan karena biasanya terhalang oleh jadwal kuliah. Dia juga menjadi lebih rajin membantu orang tua bersih-bersih rumah dan tidak lupa mengerjakan tugas karena sudah kewajiban seorang pelajar.

Nah, itulah berbagai kegiatan yang dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu luang selama di rumah. Menarik untuk dicoba, bukan? Selain dapat mengusir jenuh, berbagai aktivitas di atas juga mendatangkan banyak sekali manfaat. Jadi, tetap semangat ya! Dengan adanya physical distancing, semoga kita bisa memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dan yang paling penting adalah jangan menyia-nyiakan waktu yang ada, gunakan waktu yang kita miliki di masa kuliah daring ini untuk melakukan sesuatu yang berguna atau bermanfaat.

 

(Cahaya, Faizah, Kirana, Shanti)

 

Related Posts