June 2, 2020

Persiapan New Normal Polinema, Kuliah Praktik Tetap Daring

3 min read

Postingan akun Instagram Polinema mengenai new normal. (Adit)

Pada hari Jumat, (29-05) Politeknik Negeri Malang (Polinema) memposting Panduan Hidup Sehat di Tengah Corona Virus Disease (COVID-19) di laman Instagram @polinema.campus dalam rangka persiapan menjalankan new normal bagi mahasiswa Polinema. Dalam panduan tersebut terdapat poin yang membuat mahasiswa bertanya-tanya, yaitu poin ketujuh yang isinya “Proses pembelajaran mata kuliah teori yang akan berlangsung secara daring, mata kuliah praktik dimungkinkan dilaksanakan di kampus dengan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19 dan upaya berkomunikasi menggunakan media online.”

Dari poin tersebut, banyak mahasiswa mempertanyakan kejelasan mengenai kuliah praktik yang dilaksanakan di kampus. Dalam kolom komentar di Instagram @polinema.campus, terdapat mahasiswa yang menanyakan soal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya dan sulitnya mencari transportasi untuk kembali ke Malang jika kuliah dilaksanakan di kampus. “Bagaimana untuk kami yang di luar Jawa? Saya di Aceh belum bisa akses ke Medan lagi. Saya harus naik pesawat dari Kualanamu,” ujar akun @dzikriyn_ pada kolom komentar postingan Instagram Polinema.

Menanggapi hal ini, Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT., selaku pembantu direktur (Pudir) I menjelaskan bahwa panduan tersebut hanyalah persiapan seandainya new normal diberlakukan di lingkungan Polinema. Keputusan pemberlakuan kebijakan ini sendiri masih menunggu dari kebijakan Provinsi Jawa Timur. Jika pemerintah belum memutuskan kapan new normal berlaku, maka kebijakan tersebut belum bisa dilaksanakan, walaupun hingga semester depan.

“Kita juga belum bisa sama-sama tahu pasti kapan new normal diberlakukan. Maka skenario pertama yang disampaikan adalah melaksanakan pengganti mata kuliah praktik tanggal 8 Juni sampai 3 Juli dengan memprioritaskan pelaksanaan mata kuliah praktik itu dilakukan dengan daring atau online,” tutur Pudir I kepada reporter kami pada Minggu, (31-05).

Postingan akun Instagram polinema @polinema.campus mengenai panduan hidup sehat di tengah COVID-19. (Adit)

Pudir I menyampaikan jika semua jurusan diarahkan untuk menyiapkan praktikum secara daring. Namun, untuk mata kuliah praktik yang tidak dimungkinkan secara daring, akan diatur secara teknis oleh Pembantu Direktur Bidang Akademik.

“Terkait dengan praktik yang tidak dimungkinkan daring, opsinya adalah nanti itu bisa dilakukan mata kuliah pengganti di luar tanggal 8 Juni sampai 3 Juli. Jadi bisa dilaksanakan mungkin Agustus, kembali bersama semester depan. Kalau asumsinya bisa dinyatakan normal, maka bisa ditambahkan satu atau dua pertemuan yang memang harus pertemuan fisik dengan dosennya dan itu beberapa dosen juga bersedia mengganti di hari yang lain kalau memang butuh bener-bener untuk tatap muka, atau kalau memang memungkinkan lagi ya liburan bulan Januari 2021 dan diasumsikan juga normal,” ujar Supriatna.

Bagi mahasiswa yang masih ada jadwal kuliah praktikum maka dianjurkan untuk tetap melakukan absensi melalui siakad polinema mulai tanggal 8 Juni hingga 3 Juli 2020. Sedangkan, untuk pembelajaran semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 akan dimulai tanggal 24 Agustus hingga 16 Oktober 2020 dengan memakai sistem daring.

“Untuk tanggal 8 Juni sampai 3 Juli yang sudah selesai praktikum ya sudah, berarti selesai. Kemudian bagi mahasiswa yang belum melaksanakan praktikum melakukan absensi melalui siakad,” ucap Pudir I.

Pihak kampus mempertimbangan beberapa alasan mengapa kuliah dilakukan secara daring. Pertama, belum ada kejelasan terkait new normal oleh pemerintah. Kedua, penerapan pemberlakuan PSBB berbeda di setiap daerah. Ketiga, mahasiswa tidak bisa kembali ke Malang karena terkendala sulitnya transportasi. Keempat, belum dicabutnya peraturan dari pemerintah Kota Malang terkait larangan orang luar kota untuk masuk ke Kota Malang.

Supriatna berpesan kepada mahasiswa untuk tidak memutuskan kembali ke Malang terlebih dahulu dikarenakan situasi yang belum kondusif. Jika ada dosen yang membutuhkan praktik tatap muka, maka akan diarahkan agar diganti saat keadaan sudah normal. Para dosen juga diarahkan agar memberikan kuliah dengan demo atau gambaran tentang praktikum.  Lalu opsi lain diarahkan dengan penggunaan jobsheet praktikum dari dosen dan simulator.

“Untuk bisa memberikan layanan kepada mahasiswa, kami tetap mempertimbangkan situasi dan kondisi terkait dengan keamanan, kesehatan dari semua pihak seperti dosen, administrasi dan terutama mahasiswanya. Jadi kita tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang resikonya terlalu besar untuk semua pihak. Saya minta tolong kepada mahasiswa, ikuti semua perkuliahan terutama untuk praktikum nanti dan diusahakan seoptimal mungkin. Pertama, dijaga situasi dan kondisi agar tetap aman. Yang kedua, kita tetap melakukan aktivitas yang bermanfaat. Tidak berarti berhenti total, tapi semua harus tetap berjalan dengan aman, sehat, sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

 

(Aditya, Raihanah)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.