Peringati Hari AIDS Sedunia 2019, PASTI Gelar Semnas dan Talkshow

Dr. Supriyadi M.Pd, selaku Staf Ahli Walikota Malang, saat membacakan sambutan dari Walikota Malang, Sabtu (23-11). (Chaidar)

Dalam rangka memperingati Hari Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) Sedunia 2019, Unit Kegiatan Mahasiwa Pasukan Anti Narkotika (UKM PASTI) Politeknik Negeri Malang (Polinema), menyelenggarakan Seminar Nasional (Semnas) dengan tema “Stop Human Immunodeficiency Virus (HIV)/AIDS Save Our Generation For A Better Life“. Semnas ini diselenggarakan pada tanggal 23 November 2019 dan bertempat di Graha Polinema (Grapol). Acara ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat khususnya remaja mengenai bahaya penyakit HIV/AIDS, serta meningkatkan pencegahan penyebarannya. Seminar ini merupakan seminar pertama yang diselenggarakan UKM PASTI dalam memperingati Hari AIDS Sedunia, sedangkan tahun 2018 hanya berupa Talkshow.

Dalam pelaksanaannya, UKM PASTI menghadirkan pengisi acara dr. Shindy Kurnia Putri, sebagai pemateri yang menjelaskan seputar HIV/AIDS, dilanjutkan dengan talkshow oleh Reza Nangin, selaku  pegiat anti narkoba, dan Melky Wijaya, sebagai Orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Setelah itu, dilanjutkan drama celoteh oleh Bejo dan hiburan dari Aditya Julian sebagai penutup acara. Guna meramaikan acara, UKM PASTI mengundang perwakilan dari seluruh Organisasi Kemahasiswaan Intra (OKI) Polinema, Komunitas Mahasiswa Anti Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (KAWAN) se-Malang Raya, Badan Narkotika Nasional (BNN) Malang, Pemerintah Kota Malang, dan jajaran staf Polinema.

Talkshow bersama Reza Nangin, sebagai pegiat anti narkoba bersama Melky Wijaya, Sabtu (23-11). (Zahira)

Seminar ini menjadi puncak dari serangkaian acara memperingati Hari AIDS Sedunia 2019. Sebelum diadakan Semnas, UKM PASTI menyelenggarakan roadshow mengenai Hari AIDS Sedunia 2019 ke sekolah-sekolah di Kota Malang, Kota Batu, dan  Kabupaten Malang. Isi dari roadshow tersebut berupa penyuluhan mengenai HIV/AIDS dan keterkaitannya dengan narkoba. Roadshow tersebut dilaksanakan serentak pada tanggal 18 Oktober 2019. UKM PASTI juga menyelenggarakan lomba poster yang diikuti total 33 peserta dan video pendek yang diikuti tujuh peserta tingkat provinsi Jawa Timur. “Ke depannya saya harap kegiatan ini selalu diadakan, karena kita ingin generasi selanjutnya bisa menjaga kesehatan mereka, dan selalu diingatkan untuk menjaga pola hidup sehat,” harap Jihan Syafitri, peserta Semnas asal Pasuruan.

(Chaidar, Zahira)

Related Posts