Orasi Ilmiah 2019, Ajang Persiapan Era Revolusi Industri 4.0

Ir. Ananto Kusuma Seta, M.Sc, Ph.D sebagai orator pertama menyampaikan orasinya di depan para Senat, Senin (08-04). (Didin)

Orasi Ilmiah merupakan acara tahunan yang diadakan Politeknik Negeri Malang (Polinema) sebagai ajang penyampaian hasil penelitian Dosen Polinema yang baru saja lulus studi S3. Acara yang mengusung tema  “Peran Pendidikan Vokasi pada Penyiapan Sumber Daya Manusia Indonesia di Era Revolusi Industry 4.0” ini diadakan di Gedung Graha Polinema yang merupakan bagian dari Rapat Terbuka Senat dan serangkaian Dies Natalis Polinema ke-37. Orasi tersebut diisi oleh tiga orator, diantaranya Ir. Ananto Kusuma Seta, M.Sc, Ph.D Staf Ahli Bidang Daya Saing dan Inovasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI), Dr. Nurafni Eltivia, SE., M.SA., Ak dosen Jurusan Akuntansi dan Dr. Budhy Setiawan, B.S.E.E.T,  M.T  dosen Jurusan Teknik Elektro. Dr.Ir. Prayitno, M.T. selaku ketua pelaksana memaparkan, bahwa acara tersebut bertujuan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkualitas dan sebagai titik sentral ketika memasuki era teknologi, salah satunya dari Politeknik sebagai pendidikan vokasi. Oleh karena itu, para pengajar disiapkan untuk mendidik mahasiswanya supaya siap menuju Era Revolusi Industri 4.0. “Perbedaan dengan tahun sebelumnya yaitu dengan mengundang para guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan pihak Mendikbud RI yang menangani bidang pendidikan vokasi, agar terjadi sebuah ikatan antara pendidikan vokasi SMK dengan pendidikan vokasi Politeknik,” ungkap bapak Prayitno.

Bapak Ananto Kusuma dalam orasinya menjelaskan bahwa saat ini sedang berjalan Operasi Vertikal, yaitu pengubahan secara berkala di mana dalam lima tahun ke depan, lebih dari 80% perusahaan akan mendigitalkan seluruh bisnis prosesnya. Beliau menambahkan bahwa hal yang menarik adalah kabar Polinema akan menambah Program Studi (Prodi) baru D3 Pertambangan. Kabar tersebut merupakan angin segar bagi pendidikan vokasi SMK yang memiliki jurusan serupa untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Penyerahan sertifikat penghargaan Founding Father oleh Direktur Polinema pada acara Orasi Ilmiah dan Rapat Terbuka Senat Polinema, Senin (08-04). (Didin)

Alfiya mahasiswi Prodi D3 Teknik Kimia yang turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, “Orasi saat ini menjelaskan bahwa Politeknik memang sebuah pendidikan vokasi yang menjuru ke bidang apabila sudah lulus diharuskan untuk kerja”. Ia juga berharap agar mahasiswa kedepannya banyak yang mengikuti acara Orasi Ilmiah serta konsepan acara dapat dibuat lebih menarik untuk menambah antusias mahasiswa.

(Didin, Novi, Rinda, Zahira)

Related Posts