Sat. Jun 19th, 2021

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

Mengulik Sosialisasi Pilmapres Internal Pertama di Polinema

2 min read
Alfida Bella Firnanda selaku moderator tengah memimpin sesi diskusi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (pilmapres). (Anita)

Sosialisasi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (pilmapres) internal Politeknik Negeri Malang (Polinema) baru diadakan pertama kali pada tahun ini, setelah mempertimbangkan aspirasi dari mahasiswa. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Polinema melalui Zoom pada Sabtu (08-05) ini dihadiri oleh Anggit Murdani selaku Pembantu Direktur (Pudir) III, Bambang Suryanto selaku Staf Ahli Pudir III, dan mahasiswa Polinema. Pilmapres merupakan kegiatan tahunan dari Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemenristek) Rebuplik Indonesia yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Sosialisasi pilmapres bertujuan untuk memberikan motivasi dan mengembangkan prestasi mahasiswa Polinema di bidang akademik dan non-akademik.

Bambang Suryanto selaku Staf Ahli Pudir III menjelaskan tentang tahapan dalam pilmapres 2021. (Dokumen Istimewa)

Bambang Suryanto selaku pemateri menyampaikan beberapa tahapan seleksi pilmapres internal Polinema. “Ada empat tahapan yang harus dilalui oleh peserta, yaitu pendaftaran, penilaian portofolio, penetapan 10 besar, dan wawancara,” ujar Bambang. Setelah itu, ditetapkan tiga pemenang dan pemenang pertama didampingi untuk melaju ke tingkat nasional.  Setelah materi disampaikan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh moderator. Tanya jawab diawali dengan pertanyaan dari Ariono Septian Jaya mahasiswa program studi D-IV Teknik Informatika mengenai apa saja yang termasuk dalam penilaian portofolio. “Penilaian portofolio meliputi hasil karya seperti buku, sertifikat kejuaraan nasional dan internasional, kewirausahaan, karir dalam berorganisasi, dan prestasi lainnya,” jawab Bambang. Selain itu, dibutuhkan data pendukung seperti sertifikat untuk ditinjau oleh pihak Polinema.

Melalui adanya pilmapres, Bambang berharap mahasiswa dapat meningkatkan dan mengembangkan prestasi yang dimiliki. “Saya berpesan kepada calon peserta pilmapres internal Polinema agar menyiapkan diri dan berkas-berkas yang diperlukan karena rentang waktu pendaftaran cukup lama,” pungkas Bambang.

(Anita Marselia, Sinta Winda Purnamasari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.