Sat. Jun 19th, 2021

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

Mengekspos Kebudayaan Nusantara di Tengah Pandemi Melalui Accounting Fair 2021

2 min read
Penampilan dari Band UNANOCHE pada Accounting Fair 2021, Sabtu (05-06). (Syahbil)

Accounting Fair kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) Politeknik Negeri Malang (Polinema) pada Sabtu (05-06) setelah vakum selama satu tahun karena adanya pandemi. Meskipun Accounting Fair dilaksanakan secara Dalam Jaringan (Daring), namun peserta tetap antusias dalam mengikuti serangkaian acaranya. Acara ini bertujuan mengembangkan kreativitas mahasiswa Jurusan Akuntansi dan menjadi ajang untuk menyalurkan bakat dan minat khususnya di bidang seni. Accounting Fair tahun ini mengusung tema “Revealing The Hidden Treasure of Nusantara Cultures” yang memiliki makna untuk mengingatkan peserta akan keragaman budaya Indonesia, baik yang sudah terekspos maupun yang masih tersembunyi.

Pengumuman pemenang lomba photosoot, Sabtu (05-06). (Sinta)

Accounting Fair 2021 yang diselenggarakan melalui platform Zoom dan YouTube ini tidak terlalu berbeda jauh dengan tahun sebelumnya, yakni menampilkan pentas seni, games untuk mahasiswa dan dosen, serta pengumuman pemenang lomba. Namun, Accounting Fair tahun ini tentu saja menyesuaikan dengan  keadaan pandemi yang belum usai. Yoga Hardi Winanta selaku Koordinator Lapangan (Korlap) menjelaskan bahwa ada beberapa perubahan lomba, seperti lomba TikTok makeup challenge, lomba fashion show yang diganti lomba photoshoot, serta lomba microblog sebagai pengganti menghias booth yang ada di tahun-tahun sebelumnya. “Kami juga menyesuaikan games melalui media Quiziz,” tambah Yoga. Acara ini diakhiri oleh penampilan dari bintang tamu yaitu UNANOCHE Band.  Penyelenggaraan Accounting Fair meninggalkan kesan positif bagi salah satu peserta, yaitu Fransiska Melania Puspitasari mahasiswa Program Studi D4 Keuangan. “Acara ini menyenangkan karena selain ada penampilan pentas seni dan games, kita juga dapat mengambil pelajaran tentang keanekaragaman budaya Indonesia,” tutur Fransiska.

Accounting Fair 2021 tentu saja tidak terlepas dari berbagai kendala, di antaranya  gangguan sinyal yang mengakibatkan akun Zoom dari panitia bermasalah sehingga peserta menunggu lama. Selain itu, Yoga menjelaskan bahwa ada kendala yang menyebabkan kamera Zoom panitia harus diganti dengan kamera Handphone dan terkadang suara dalam Zoom tidak keluar. Di sisi lain, Fransiska menuturkan, “Saya mengalami kendala absensi yang tidak bisa disubmit”. Namun saat dikonfirmasi mengenai hambatan-hambatan tersebut, panitia berdalih sudah melakukan gladi bersih untuk meminimalisir adanya kesalahan teknis. Harapan disampaikan oleh Fransiska agar pelaksanaan Accounting Fair tahun depan dapat  lebih baik lagi, “apabila tahun depan tetap dilaksanakan secara daring, mohon panitia memastikan jaringannya stabil,” pungkasnya.

(Sinta Yuni, Syahbillah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.