Mempererat Persaudaraan, Mahasiswa Teknik Sipil Gelar Civil Cup

Audi Putra Firmansyah, pemain dari kelas D4 MRK 1D melakukan freethrow saat melawan kelas D3 KBG 2A dalam pertandingan final cabor basket di Lapbas Outdoor Polinema, Jum’at (3-5). (Elang)

Civil Cup merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMS) Politeknik Negeri Malang (Polinema). Tahun ini Civil Cup mengambil tema“Bigger Than a Game, Greater Than a Champion”. Diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, Civil Cup bertujuan untuk mempererat solidaritas, meningkatkan kreativitas dan sportivitas antar mahasiswa Teknik Sipil. Ada yang berbeda dari pelaksanaan Civil Cup tahun ini, yaitu penambahan satu cabang olahraga (cabor) Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG) mobile e-sport.  Cabor lainnya yaitu bola basket, badminton, voli, futsal, dan catur. Sedangkan untuk lomba di bidang kesenian yaitu fotografi.

Tahun ini pelaksanaan Civil Cup diawali dengan pertandingan basket, berlangsung  tanggal 11 April-3 Mei 2019  di Lapangan Basket (Lapbas) Graha Polinema dan Lapbas Outdoor Polinema. Cabor basket dimenangkan kelas D3 Konstruksi Bangunan Gedung (KBG) 2A. Sedangkan untuk freethrow basket dimenangkan kelas D4 Manajemen Rekayasa Konstruksi (MRK) 3G. Cabor bola voli berlangsung  tanggal 12-30 April 2019 di Lapangan Voli Polinema, dimenangkan kelas D4 MRK 3B. Cabor badminton berlangsung  tanggal 14-26 April 2019 di Aula Pertamina Polinema dan Gedung Olahraga Serbaguna Mahkota Wulung. Cabor badminton ganda putra dimenangkan kelas D4 MRK 1D, sedangkan cabor badminton ganda campuran dimenangkan kelas D4 MRK 3D. Cabor futsal berlangsung tanggal 20 April-1 Mei 2019 di Lapbas Outdoor Polinema dan Lapangan SM Futsal, yang dimenangkan kelas D3 Teknik Konstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan Air (TKJJBA) 2A. Untuk cabor catur berlangsung tanggal 24-25 April 2019 di Ruang Multimedia Lantai 2 Gedung Teknik Sipil Polinema, dimenangkan kelas D3 TKJJBA 1A. Cabor PUBG dilaksanakan tanggal 1-2 Mei 2019 di Lantai 3 Gedung Teknik Sipil Polinema dimenangkan kelas D4 MRK 2A. Sedangkan untuk lomba fotografi dibagi menjadi dua kategori. Fotografi terfavorit dimenangkan kelas D3 KBG 2A, dan fotografi terbaik dimenangkan D4 MRK 1D. Selain itu ada penghargaan untuk Best Supporter yang diberikan kepada kelas D3 TKJJBA 2B.

Pertandingan penyisihan cabor voli Civil Cup 2019, kelas D4 MRK 1A melawan kelas D4 MRK 4A di Lapangan Voli Polinema, Minggu (14-4). (Texa)

Satriya Agung Wicaksono, salah satu pemenang cabor basket dari kelas D3 KBG 1A mengungkapkan kendala dalam pelaksanaan Civil Cup 2019 ini yaitu waktu pertandingan yang sering molor serta kurang tanggapnya panitia medis dalam penanganan peserta yang cedera. “Pertandingan seringkali molor hingga satu jam. Untuk penyebabnya saya kurang tahu, tapi dari penonton jika tidak ada yang datang, acara juga belum bisa dimulai,” imbuhnya. Ia juga berharap untuk pelaksanaan Civil Cup kedepannya ada timbal balik dari mahasiswa, serta masalah kemoloran waktu yang selalu terjadi setiap tahun dapat diatasi.

(Annisa, Elang, Salsa)

Related Posts