Fasilitasi Mahasiswa Cari Kerja, JPC Polinema Gelar Career Expo 2019

Pusat informasi Career Expo Polinema 2019 dikunjungi beberapa mahasiswa Polinema, Rabu (24-07). (Vinna)

Career Expo merupakan acara rutin yang diselenggarakan Job Placement Center (JPC) Politeknik Negeri Malang (Polinema) sebanyak dua sampai tiga kali dalam satu tahun. Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dan alumni Polinema, serta mahasiswa luar Polinema, agar mendapatkan informasi tentang dunia kerja. Career Expo biasanya diselenggarakan pada awal, pertengahan tahun, dan menjelang wisuda. Hingga  Juli 2019, tercatat JPC Polinema sudah menyelenggarakan sebanyak dua kali Career Expo, yakni pada tanggal 30—31 Januari 2019 dan 24—25 Juli 2019. Pada penyelenggaraan kedua tahun 2019 ini, terhitung sebanyak 21 perusahaan yang ikut andil dalam acara, seperti PT Astra Honda Motor, PT Indolakto, PT Otsuka Indonesia, PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), PT Untung Bersama Sejahtera, PT Best Profit Future, PT Medion, PT Orang Tua Group, PT Kawan Lama Sejahtera, dan masih banyak perusahaan lainnya.

Bertempat di Aula Pertamina, acara ini dimulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Agar bisa mengikuti acara, peserta tidak dipungut biaya sepeser pun, namun diharuskan mempunyai kartu anggota JPC Polinema. “Kartu tersebut bisa didapatkan dengan cara mendaftarkan diri di website JPC Polinema, kemudian mendapatkan tiket masuk Career Expo, hal ini berlaku bagi semua pengunjung,” papar Yoga, selaku staf JPC Polinema sekaligus panitia Career Expo. Pengunjung bisa memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan melalui brosur yang dibagikan pihak perusahaan saat acara berlangsung. Pengunjung juga bisa datang langsung ke masing-masing stan perusahaan, yang mana dari pihak perusahaan akan memberikan informasi secara face to face kepada pengunjung. Sehingga pengunjung mendapatkan informasi yang diperlukan secara maksimal.

Beberapa mahasiswa memadati stan PT Otsuka Indonesia di Career Expo Polinema 2019, Rabu (24-07). (Lina)

Harapan diselenggarakannya Career Expo 2019 adalah agar semakin banyak alumni Polinema yang terserap secara maksimal dalam dunia kerja. Namun, Indra Perwira, mahasiswa tingkat akhir Jurusan Teknik Elektro, menyayangkan terjadinya penurunan jumlah perusahaan yang berpartisipasi dalam Career Expo kali ini. “Terdapat penurunan jumlah perusahaan yang signifikan dibanding Career Expo sebelumnya,” ungkapnya kecewa. Bapak Yoga, memberikan keterangan mengenai terjadinya penurunan jumlah perusahaan, dikarenakan bersamaan dengan kegiatan serupa di tempat lain. Menanggapi hal tersebut, baik pengunjung maupun panitia berharap, ke depannya akan lebih banyak perusahaan dan pengunjung yang berpartisipasi dalam Career Expo Polinema.

 

(Aulina, Jovita, Vinna)

Related Posts