Sat. May 8th, 2021

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

DIPAM Jurusan Akuntansi 2021: Evaluasi Sistem Pembelajaran Daring Saat Pandemi

2 min read
Kurnia Ekasari, selaku Ketua Jurusan Akuntansi menjawab pertanyaan dari mahasiswa dalam DIPAM Jurusan Akuntansi tahun 2021, Senin (12-04).
Sumber: Dokumen Istimewa

Dialog Pimpinan dan Mahasiswa (DIPAM) Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang (Polinema) telah dilaksanakan pada Senin (12-04). Acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) secara dalam jaringan (daring) melalui aplikasi zoom dan youtube dengan tema “Sampaikan Aspirasi Bersama Ciptakan Solusi Demi Meningkatkan Performa Jurusan Akuntansi”. Pelaksanaannya dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan pimpinan Jurusan Akuntansi. Acara ini merupakan wadah penyampaian aspirasi bagi mahasiswa akuntansi.

Raihan Ramzi selaku moderator menyampaikan pertanyaan pertama terkait keluhan mahasiswa tentang sistem pembelajaran daring yang mengakibatkan mahasiswa merasa lelah seharian menatap layar laptop. Ibu Kurnia menanggapi bahwa di masa pandemi seperti sekarang, seharusnya mahasiswa tidak mengeluh dan bersyukur karena masih diberikan kesehatan, serta bisa melaksanakan perkuliahan meskipun secara daring. “Pembelajaran daring merupakan sebuah tantangan, mahasiswa diharapkan lebih aktif saat pembelajaran daring,” tambah bapak Muhammad Muwidha. Mahasiswa juga dapat berkomunikasi dengan dosen pengajar mengenai media pembelajaran daring yang digunakan supaya mahasiswa tidak kelelahan seharian penuh menggunakan video conference.

Salah satu mahasiswa saat menyampaikan aspirasinya, Senin (12-04).
Sumber: Dokumen Istimewa

Selain membahas sistem pembelajaran daring, Xga Afifatu Jahratul Laili mahasiswa program studi (prodi) D4 Akuntansi Manajemen mengajukan pertanyaan mengenai metode penilaian yang tepat untuk mahasiswa saat kuliah daring. Ibu Kurnia menanggapi bahwa sistem penilaian mahasiswa di Jurusan Akuntansi berdasarkan keterampilan dan karakter mahasiswa. Bapak Muwidha menambahkan bahwa karakter yang baik saat pembelajaran daring diwujudkan dengan menyalakan kamera dan mikrofon ketika kegiatan perkuliahan berlangsung. “Harus ada interaksi antara mahasiswa dengan dosen karena keaktifan mahasiswa akan memperlancar jalannya perkuliahan,” ujar bapak Muwidha.

Pertanyaan selanjutnya disampaikan oleh Akhmad Bashori Maulana Ikhsan mahasiswa prodi D3 Akuntansi mengenai pembagian jadwal di kelasnya yang belum merata. Sebab, pada hari kamis di kelasnya terdapat lima mata kuliah yang semuanya menggunakan zoom. Ia mempertanyakan solusi dari jurusan mengenai hal tersebut. Bapak Andi Kusuma Indrawan selaku Sekretaris Jurusan Akuntansi membenarkan bahwa ada lima mata kuliah dalam sehari. Namun, dalam pelaksanaannya hanya dua jam per mata kuliah dan ada jeda waktu untuk istirahat. “Silakan berkonsultasi dengan dosen pengajar jika ada perubahan jadwal dengan mempertimbangkan jadwal dari kedua belah pihak. Setelah ada kesepakatan, silakan mengonfirmasi ke saya,” ujar Bapak Andi.

Dari sekian banyak aspirasi yang disampaikan mahasiswa Jurusan Akuntansi, mayoritas mengeluhkan mengenai sistem pembelajaran daring. Melalui pelaksanaan DIPAM, diharapkan bisa menjadikan Jurusan Akuntansi lebih baik ke depannya dengan mendengar dan menerima aspirasi dari para mahasiswanya. Selain itu, Abirama Ananta Kharisma selaku Ketua Umum HMA berharap dengan adanya DIPAM Jurusan Akuntansi, seluruh aspirasi dari teman-teman dapat terealisasi.

(Rafika Nurhayati, Salsa Amalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.