Closing Mentoring 2019, Ajang Perdalam Ilmu Alquran bagi Mahasiswa Baru

Mahasiswa khusyuk mendengarkan materi dari Habib Umar bin Idrus Al Khirid dalam acara Closing Mentoring di Masjid Raya An-nur Polinema, Sabtu (13-04). (Nadia)

Dalam rangka mengakhiri serangkaian kegiatan mentoring yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa baru 2018, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian Islam Politeknik (Rispol)  Politeknik Negeri Malang (Polinema) menyelenggarakan kegiatan Closing Mentoring 2019 di Masjid Raya An-nur Polinema, Sabtu (13-04). Closing Mentoring yang mengusung tema “Semerbak Islam dalam Bingkai Kebersamaan untuk Istiqomah Meraih Ridho Allah SWT” ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berlangsung pukul 07.00-10.40 WIB yang diikuti mahasiswa baru dari jurusan Administrasi Niaga, Teknologi Informasi, Teknik Kimia, dan Teknik Mesin. Sedangkan sesi kedua berlangsung pukul 13.00-16.00 WIB yang diikuti mahasiswa baru dari jurusan Akuntansi, Teknik Elektro, dan Teknik Sipil. Pembagian sesi dikarenakan berbagai pertimbangan, salah satunya keterbatasan kapasitas tempat. “Untuk pembagian dua sesi dikarenakan Masjid Raya An-nur tidak cukup untuk menampung seluruh mahasiswa baru dari semua jurusan,” ujar Nunung Iswati salah satu panitia Closing Mentoring 2019.

Penampilan majelis selawat Syifaul Qolbi dari UKM Rispol sebagai pembuka acara Closing Mentoring 2019, Sabtu (13-04). (Tania)

Acara diawali dengan lantunan selawat oleh majelis selawat Syifaul Qolbi dan dilanjutkan dengan tilawah Alquran. Selanjutnya sambutan dari Abdullah Faiq Munir selaku Ketua Pelaksana, Yosi Fernanda Martino selaku Ketua Umum UKM Rispol, Erlangga Muhammad Rizal selaku Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Bapak Dr. Eng. Anggit Murdani S.T., M. Eng. selaku Pembantu Direktur (Pudir) III. Selanjutnya panitia menyampaikan sosisalisasi tentang tata cara pengambilan sertifikat mentoring. Puncak acara kegiatan adalah penyampaian materi tentang Rasulullah Cinta dengan Hamba yang Menyampaikan Alquran, disampaikan oleh Habib Umar bin Idrus Al Khirid pada sesi pertama dan materi tentang Kemuliaan Alquran, disampaikan oleh Habib Jamal bin Toha Baagil pada sesi kedua.

Ada sedikit perbedaan pada Closing Mentoring tahun ini dengan tahun sebelumnya yaitu diadakannya Mentoring Challenge. Mentoring Challenge adalah lomba membuat video semenarik mungkin dari setiap kelompok mentoring yaitu mahasiswa baru (mentee) dengan mentornya. Untuk Mentoring Challenge tahun ini dimenangkan oleh kelompok mentoring dari kelas 1E Program Studi (Prodi) D3 PLN. “Kendalanya itu saat mentor dan mentee mau mentoring tetapi ada kegiatan lain dari mentor ataupun mentee contohnya kerja kelompok,” tutur Ayyuba mahasiswa Prodi D3 Akuntansi yang menjadi salah satu mentor di kegiatan mentoring. Hal ini menjadikan kegiatan mentoring kurang maksimal. Namun, UKM Rispol selaku pihak penyelenggara akan memperpanjang waktu mentoring agar mentee bisa mengikuti kegiatan mentoring dengan tuntas. “Kalau bisa, mentee segera mengikuti kegiatan mentoring dengan tambahan waktu tersebut,” saran Ayyuba mengenai solusi proses mentoring yang belum tuntas. Ia berharap setelah diadakannya Closing Mentoring 2019, mentor-mentor lain semakin semangat dalam membagi ilmu, serta silaturahmi antara mentor dan mentee tetap terjalin walaupun kegiatan mentoring telah berakhir.

(Agam, Arfia, Dilla, Tania)

Related Posts