WRI Tunjukan Eksistenti lewat PAC 2018

Operator PAC 2018 membantu peserta menampilkan slide dalam mempresentasikan karyanya. (Resa)

Workshop Riset Informatika (WRI) merupakan wadah bagi mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang (Polinema) untuk mengembangkan pengetahuan dan penguasan di bidang teknologi informasi. Selain itu WRI juga sebagai sarana mahasiswa untuk berlatih berjejaring. Seperti menjalin kerja sama dari kalangan dosen, praktisi maupun komunitas-komunitas IT di luar kampus untuk mendukung berbagai kegiatan riset yang dilakukan. Salah satu kerja sama yang dilaksanakan adalah penyelenggaraan Polinema Application Competition (PAC) tahun 2018 dengan tema “Polinema Mobile Apps And Game Competition, Sabtu (27/10). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengembangkan minat dan bakat Mahasiswa Indonesia yang tertarik dalam pengembangan Aplikasi perangkat Mobile dan pembangunan Game Mobile. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa yang berada di sekitar Kota Malang atau bahkan di luar daerah Jawa Timur untuk mengembangkan aplikasi mobile dan game yang kreatif, inovatif, dan berguna bagi masyarakat. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan mampu mewadahi mahasiswa untuk membangun relasi komunitas Workshop dan Riset Informatika dengan komunitas yang bergerak di bidang Informatika dari universitas atau Institusi lain.

Dalam PAC tahun ini, setiap peserta diminta membuat sebuah aplikasi berbasis android. Dimana nantinya aplikasi ini dapat dikembangkan dan bermanfaat bagi masyarakat.  Lomba ini diikuti oleh 67 tim dari Perguruan Tinggi seluruh Indonesia dengan beberpa persyaratan. Pertama, peserta harus berasal dari perguruan tinggi yang terdaftar pada laman resmi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD DIKTI). Kedua, peserta merupakan mahasiswa aktif Program Diploma atau Strata 1 dengan umur maksimal 24 tahun pada bulan November 2018 saat PAC berlangsung. Terakhir, aplikasi yang dilombakan belum pernah dipublikasikan di media apapun. Dari 67 peserta disaring dengan penyeleksian melalui video demo dan aplikasi. Setelah lolos seleksi, terpilih beberapa tim yang akan berlomba di tahap final pada 27 Oktober 2018 di Ruang Teleconference, Gedung AF Lantai 3, Polinema. Pada tahap ini, hanya enam tim peserta yang mempresentasikan dan mendemostrasikan aplikasi yang sudah dibuat. Keenam tim yang lolos dinilai memiliki aplikasi yang mampu mengikuti perkembangan teknologi yang sangat dinamis. Dimana aplikasi mobile menjadi salah satu hal yang berkembang sangat pesat di masyarakat.

Tim Kawulan Polinema sedang mempresentasikan Aplikasi Akrabin untuk mencegah bullying (Resa)

Dalam PAC 2018, aplikasi terbaik yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan panitia akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 3.500.000,- serta piagam dan sertifikat untuk juara pertama. Kemudian untuk juara kedua diberikan uang tunai sebesar Rp. 3.000.000,- serta piagam dan sertifikat. Untuk juara ketiga mendapatkan Rp. 2.500.000,- serta piagam dan sertifikat. Dari hasil penilaian, juara pertama diraih oleh Tim Realtime Mobile Queue System dari Polinema, juara kedua diraih oleh Tim Tribute dari Universitas Gadjah Mada (UGM), dan juara 3 diraih oleh Tim Kawula dari Polinema. Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh Kuffahku dari Polinema, juara harapan 2 diraih oleh Tim Surya12 dari Universitas Muhammadyah Sidoarjo dan harapan 3 dimenangkan oleh Tim PT Studio dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Ivan Fadia Putra, selaku Ketua Pelaksana PAC 2018 mengatakan “untuk pelaksanaan PAC tahun ini panitia memerlukan waktu 3 minggu untuk menyiapkan acara dan tidak ada kendala yang signifikan”. Dengan suksesnya panitia menyiapkan PAC tahun ini diharapkan dapat terulang ditahun-tahun selanjutnya, “PAC sendiri masih terbilang kegiatan baru karena baru berjalan 2 tahun, oleh karena itu diharapkan untuk tahun yang akan datang PAC dapat terus terlaksana dengan sukses. Sehingga dapat memotivasi dan membangkitkan semangat mahasiswa dalam mengembangkan bakat dan kreativitas khususnya dalam bidang Teknologi Informasi.” tutup Ivan.

(Farizal, Mirna, Resa)

Related Posts