Tutup Serangkaian Student Day of Civil Engineering ke-14, HMS Gelar Semnas

Cakra Nagara, S.T., M.T., M.E., selaku pemateri saat menyampaikan materi tentang inovasi teknologi dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia sebagai implementasi revolusi industri 4.0, Minggu (01-12). (Agam)

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMS) Politeknik Negeri Malang (Polinema) menyelenggarakan Seminar Nasional (Semnas) dengan tema “Inovasi dalam Pembangunan Berkelanjutan pada Era Revolusi Industri 4.0”. Seminar yang sekaligus penutup serangkaian Student Day of Civil Engineering ke-14  ini, bertujuan untuk memperkaya wawasan tentang teknik sipil dan wawasan tentang dunia kerja. “Kita ingin memberi materi yang belum tersampaikan pada perkuliahan melalui seminar ini,” ungkap Muhammad Syifau Romli, selaku Ketua Pelaksana. Ia menambahkan, sebelum diadakan Semnas, dalam serangkaian Student Day of Civil Engineering ke-14, juga terdapat Civil Creative Competition, Civil Engineering  Incharity, Lomba Gambar Teknik, dan Civil Tender Competition.

Seminar ini diselenggarakan hari Minggu, 01 Desember 2019 di Aula Pertamina, Polinema. Diikuti kurang lebih 246 peserta dari mahasiswa Polinema dan instansi lain, seperti Universitas Brawijaya (UB), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Negeri Malang (UM), Insitut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Universitas Madura, Universitas Wiraraja Sumenep, Universitas Yudharta Pasuruan, Universitas Kadiri Kediri, Politeknik Negeri Medan (Polmed), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Sebelas Maret (UNS), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng).

Ir. Andek Prabowo, General Manager Head of  Departement PT PP proyek YIA, menyampaikan materi tentang manajemen pengelolaan sumber daya konstruksi yang efisien pada proyek bandara YIA, Minggu (01-12). (Agam)

Acara yang berlangsung pukul 08.00–13.10 WIB ini turut mengundang dua pemateri dengan penyampaian materi yang berbeda. Pemateri pertama yakni Cakra Nagara, S.T., M.T., M.E., selaku Kepala Balai Teknologi Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).  Ia menyampaikan materi tentang inovasi teknologi dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia, sebagai implementasi revolusi industri 4.0. Ia juga memperkenalkan salah satu teknologi dalam bidang pembangunan, yaitu Building Information Modelling (BIM). Pemateri kedua yakni Ir. Andek Prabowo, MBA, General Manager Head of Departement PT Pengembangan Perumahan (PP) proyek Yogyakarta International Airport (YIA). Ia menyampaikan materi tentang manajemen pengelolaan sumber daya konstruksi yang efisien pada proyek bandara YIA. Ia juga menyebutkan proyek bandara YIA sempat memperoleh penghargaan pembangunan bandara tercepat tingkat dunia. Selain pemateri, acara ini juga dimoderatori oleh Fadjar Purnomo, S.T., M.T., selaku Dosen Jurusan Teknik Sipil Polinema.

Di akhir acara, diumumkan pemenang dari lomba-lomba dalam serangkaian Student Day of Civil Engineering ke-14. BOSS 59 dari ITS keluar menjadi Juara Pertama Civil Tender Competition, dengan SS-07 Adhiguna dari UNS di posisi ke-dua, dan Sambal tuk tuk dari Polmed di posisi ke-tiga. Sedangkan dalam Lomba Gambar Teknik, The Next Force dari Polbeng keluar sebagai Juara Pertama diikuti tim Sunrise ngeGas dari Unesa dan Selaras dari UM sebagai Juara Kedua dan Ketiga.

Ahmad Toriq, salah satu peserta dari UMM saat bertanya kepada pemateri pada sesi tanya jawab, Minggu (01-12). (Faiz)

Pada penyelenggaraannya, Semnas ini banyak diapresiasi oleh peserta yang hadir. “Bagus karena pemateri dari nasional dan tema yang diangkat menarik. Mungkin yang perlu dibenahi sistem pembagian seritifikatnya yang masih agak ribet,” komentar Ahmad Toriq, peserta dari UMM. Selain peserta, dari segi pemateri juga antusias mengikuti jalannya seminar ini. “Kami sangat senang dapat berbagi ilmu dan pengetahuan kepada mahasiswa untuk meningkatkan daya saingnya di dunia kerja,” tutur Ir. Andek Prabowo, MBA. Di sisi lain, Prince Natalia, peserta dari Polmed berharap agar seminar semacam ini rutin dilaksanakan ke depannya, “Ini bisa menjadi inspirasi dan referensi untuk menciptakan acara serupa di Polmed,” pungkasnya.

(Agam, Faiz, Novi)

Related Posts