Tunjukkan Keterampilan bidang Control dalam PLC Competiton 2017

Workshop Electro (WSEC) Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengadakan Programmable Logic Controller (PLC) Competition di Gedung AH Polinema, Sabtu (11/06). PLC merupakan lomba pembuatan program yang berfungsi untuk mengontrol automasi alat-alat industri. Tujuan diadakan perlombaan ini adalah untuk mengembangkan skill mahasiswa serta mencari calon – calon yang bisa mengikuti Lomba Kreativitas Elektro (LKE) tingkat nasional. PLC Competition diikuti oleh 29 tim mahasiswa Polinema.

10 Tim yang lolos ke babak selanjutnya membuat program dalam acara PLC Competition. Sabtu (10/06)

Lomba dimulai pada pukul 08.00 hingga 14.00 WIB dan terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama peserta hanya membuat program. Sedangkan pada sesi kedua, peserta yang dikerucutkan menjadi 10 tim dilombakan kembali dalam pembuatan program, lalu diaplikasikan ke alat industri dengan waktu sekitar 30 menit per tim. “Kemampuan para peserta saya rasa sudah cukup baik, tinggal bagaimana dari penerapan programnya,” ujar Bapak Trisna, dosen Teknik Elektro yang menjadi salah satu juri.

Dari serangkaian acara PLC Competition, diumumkan bahwa juara satu dimenangkan oleh tim Joss Holic, juara dua oleh tim Morpee, dan juara tiga oleh tim Gedhang Goreng. Juara satu dan dua lomba PLC akan mendapatkan golden ticket untuk mengikuti Lomba Kreativitas Elektro (LKE) tingkat Nasional.

(Ayu, Faris)

Related Posts