Tue. Apr 13th, 2021

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

Tips Anti Malas Kuliah Daring

4 min read

Tips yang perlu dilakukan agar tidak malas saat kuliah daring. (Syahbil)

Siapa nih yang sudah mulai bosan kuliah daring? Tugas yang banyak, dosen killer, dan deadline mepet sudah menjadi makanan setiap hari bagi mahasiswa Polinema. Apalagi materi yang kadang sulit dipahami oleh mahasiswa. Pandemi memang memaksa kita untuk beradaptasi dengan perkuliahan daring ini. Nah, kami punya tips-tips yang bisa kalian coba agar kuliah online kalian tetap semangat!

  1. Buat daily reminder untuk menata tugas

Kalian sebagai mahasiswa Polinema pasti merasa kebingungan dengan tugas yang banyak. Ada berapa tugas sih? Apa saja  materinya ya? Kapan tugas itu dikumpulkan? Sudah menjadi pertanyaan bagi mahasiswa sering melupakan tugas kuliahnya. Kalau sudah lupa, ya lembur jalan ninjanya. Tentunya itu sangat tidak dianjurkan . Sebagai mahasiswa kita perlu mengetahui tugas apa saja yang akan mendekati deadline. Untuk mengatasi hal itu, kalian bisa mengunduh aplikasi daily reminder di Handphone. Contoh aplikasi yang bisa dipakai antara lain Keep Note, Any-Do, Tick-Tick, Evernote, dan sebagainya.

Situs toko aplikasi daily reminder yang dapat digunakan. (Vrisha)

Pengingat harian juga sangat ampuh untuk mengurangi rasa malas dan mager. Dilansir dari Jurnal “The Effect Of Work Discipline and Work Environment On The Performance Of Employees”, seseorang yang mengorganisir kegiatannya secara terjadwal memiliki tingkat disiplin dan produktivitas yang lebih tinggi. Dengan menggunakan reminder, kita bisa mengatur jadwal dan tugas kita sesuai tingkat urgensinya, hal ini bisa membuat kita lebih teratur dalam melakukan kegiatan. Pengingat harian juga bisa membantu untuk mengigatkan dalam mengumpulkan tugas.

Jadi sangat penting untuk mencatat setiap jadwal kuliah dan tugas yang harus dilakukan. Jangan sampai kuliah online membuatmu lengah ya kawan!

2. Hindari melakukan kegiatan kuliah di tempat tidur!

Tidak bisa dipungkiri, di masa pandemi ini tempat tidur adalah tempat ternyaman. Pasti di antara kalian banyak yang melakukan kuliah daring di atas kasur, apalagi sambil tidur. Terlalu lama di atas kasur membuat kita malas untuk melakukan sesuatu bahkan sering dihampiri rasa kantuk. Tak lama, kita pun tergoda untuk rebahan dan berakhir ketiduran. Ini yang harus di hindari. Coba cari sudut-sudut rumah yang nyaman tapi tidak membuat suasana mengantuk, karena kuliah daring membutuhkan kefokusan untuk menerima materi.

3. Atur tugas kuliah menurut prioritasnya

Kuliah daring membutuhkan kesabaran. Tugas saat kuliah daring berbeda dengan kuliah luring. Sebagian dosen memberikan tugas sebagai pengganti pertemuan tatap muka. Apabila hal itu terjadi tentunya akan semakin banyak tugas yang menumpuk. Belum lagi kegiatan kegiatan di rumah atau organisasi. Oleh sebab itu, sebagai mahasiswa kita harus pintar dalam mengatur mana tugas yang harus genting dan penting dikerjakan.

Teori skala prioritas menurut Dwight D. Eisenhower. (Jovita)

Hal ini bisa dilakukan dengan membuat daftar tugas dan mengurutkannya berdasarkan kapan tugas tersebut harus dikumpulkan. Pilih tugas mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Dwight D. Eisenhower, mantan Presiden Amerika Serikat sempat membuat skala prioritas yang dikenal dengan matriks Eisenhower.  Skala prioritas tersebut dibagi menjadi empat kuadran. Pertama, kerjakan mana yang penting dan mendesak. Kedua rencanakan yang penting dan tidak mendesak. Ketiga, jadwalkan ulang atau delegasikan kepada orang lain hal yang mendesak tapi tidak penting. Terakhir eliminasi yang tidak mendesak dan tidak penting.

Hindari melakukan sistem kebut semalam dan begadang, karena kalian sendiri yang akan kesusahan dengan deadline yang mepet. Lebih baik mencicil sedikit demi sedikit daripada tidak sama sekali, bukan?

4. Lakukan olahraga di rumah

Kuliah daring di rumah dengan banyak tugas dan simulasi secara online akan membuat aktivitas gerak kita sedikit, Hal ini bisa saja membuat tubuh merasa lelah dan kaku. Menjaga tubuh tetap fit sangatlah penting selama kuliah online. Tubuh yang tidak sehat bisa membuat aktivitas kita terganggu. Itulah mengapa berolahraga sangat penting dilakukan bagi setiap orang.

Dilansir dari AloDokter Olahraga terbukti dapat meningkatkan imun dan mengurangi stress, serta mampu mempercepat proses penerimaan informasi. Saat berolahraga, tubuh kita mengeluarkan berbagai hormon seperti dopamin, serotonin, dan norepinephrine yang berpengaruh terhadap kebahagiaan. Tentunya kita dapat menciptakan mood yang baik ketika kuliah berlangsung

5. Ubah mindset dan nikmati perkuliahan daring

Hindari menganggap kuliah daring di rumah sama dengan liburan. Perkuliahan daring adalah perkuliahan biasa tapi berbeda cara pelaksanaannya. Menikmati proses perkuliahan juga penting. Ciptakan rasa enjoy dan buang rasa terbebani dalam menjalani kuliah online! Dr. Carol S Dweck, Ph.D., dalam bukunya yang berjudul “Mindset How You Can Fulfil Your Potential” menjelaskan bahwa pola pikir dapat sangat memengaruhi pembelajaran, pengembangan keterampilan, hubungan, prestasi di sekolah, dan kesuksesan di bidang kehidupan lainnya. Jadi, sebaiknya kita tidak menganggap kuliah daring sebagai beban, melainkan kewajiban yang harus dipenuhi sebagai seorang mahasiswa.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan selama kuliah daring agar lebih efektif dan menyenangkan. Meskipun saat ini harus beradaptasi dengan aktivitas di tengah pandemi, bukan alasan untuk kita bermalas-malasan di kasur.

(Syahbil, Vrisha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.