Wed. Oct 20th, 2021

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

Teqball, Olahraga Kombinasi yang Unik

3 min read
Ilustrasi beberapa orang yang bermain teqball. (Budi)

Sepak Bola, apa yang terlintas dipikiran kita jika membaca kata itu? pasti olahraga mainstream yang sudah dikenal banyak orang di seluruh dunia. Namun, apa yang kita pikirkan jika membaca kata, “teqball”? beberapa dari kita mungkin belum mengetahui apa itu teqball. Teqball merupakan olahraga kombinasi dari dua olahraga mainstream, yaitu sepak bola dan tenis meja. Melansir dari teqball.com, teqball merupakan olahraga berbasis sepak bola yang dimainkan di atas meja melengkung khusus (meja teq). Teqball bisa dimainkan dua orang (single) dan empat orang (ganda). Karena keunikannya, teqball sangat populer di beberapa negara Eropa seperti Jerman, Belanda, dan Inggris. Berikut beberapa keunikan teqball yang telah dirangkum:

Cara Bermain

Keunikan pertama terletak pada cara bermainnya. Terbilang unik karena permainan teqball memadukan dua unsur olahraga menjadi satu, yaitu teknik dasar menendang dan menyundul bola dalam sepak bola yang dipadukan dengan sitem permainan rally dalam tenis meja. Rally adalah suatu periode selama bola dalam permainan. Pada permainan teqball single, posisi pemain saling berhadapan pada meja teq. Bola dimainkan dengan cara ditendang atau disundul melewati net dan harus memantul di daerah permainan lawan. Pada saat permainan berlangsung pemain hanya diberikan tiga kali sentuhan sebelum bola dikembalikan ke lawan begitu seterusnya hingga bola keluar meja teq atau memantul di area permainan sendiri dan salah satu pemain mendapat poin. Dalam permainan ganda cara bermainnya hampir sama, yang membedakan hanya posisi pemain yang melakukan dan menerima servis, mereka saling berhadapan sedangkan pemain yang tidak melakukan dan menerima servis berdiri di sisi kiri meja teq.

Peraturan Pertandingan

Merujuk pada laman teqball.com, ada dua belas peraturan utama dalam pertandingan teqball. Terdapat dua peraturan yang menarik, yaitu pemain tidak boleh mengembalikan bola dengan bagian tubuh yang sama dua kali berturut–turut, yang mana itu menuntut pemain untuk kreatif. Sedangkan saat permainan berlangsung, pemain tidak boleh menyentuh lawan ataupun meja teq untuk menghindari adanya cedera yang disebabkan oleh benturan, baik benturan dengan lawan ataupun benturan dengan meja teq.

Olahraga yang memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Desain meja teq yang telah dipatenkan. (Sumber: m.indonesian.alibaba.com)

Ada satu lagi keunikan dari teqball, yaitu fakta bahwa teqball merupakan olahraga yang memiliki HKI. Dilansir dari hki.co.id, HKI merupakan istilah yang dipergunakan untuk merujuk kepada seperangkat hak eksklusif yang masing-masing diberikan kepada seseorang yang telah menghasilkan karya dari olah pikirnya, yang memiliki wujud, sifat, atau memenuhi kriteria tertentu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh sebab itu, penemu teqball mematenkan desain meja teqball yang berarti tidak semua orang bisa membuat meja teqball, hanya Teqball Internasional dan pihak yang telah mendapat lisensi dari Teqball Holding SARL yang dapat membuat meja teqball secara legal. Selain itu, nama teqball sendiri merupakan sebuah merek dagang sehingga tidak sembarang orang bisa mengiklankan acara teqball dan menggunakan kata teqball didepan umum dengan sesuka hati. “Ketika kami menemukan ide tentang teqball, jelas kami perlu melindunginya. Karena kesederhanaannya, siapa pun dapat meniru ide tersebut, jadi kami memahami pentingnya Intellectual Propertysejak awal,” ujar Gergely selaku Head of Diplomatic Relations and CSR Teqball.

Melihat keunikan permainan teqball, lalu apakah teqball sudah masuk ke Indonesia? Jawabannya sudah. Teqball telah masuk dan diakui di Indonesia dengan terbentuknya Pengurus Pusat Indonesia Teqball (PP Inateq) pada Maret 2020 yang lalu. Melansir dari laman antaranews.com, cabang olahraga teqball resmi diterima sebagai anggota baru Komite Olimpiade Indonesia (KOI) berdasarkan kesepakatan Rapat Anggota Tahun 2021 yang digelar secara virtual di Jakarta. Nah, apakah kalian mulai tertarik untuk mencoba olahraga satu ini? jangan lupa jika ingin mencoba olahraga ini pastikan kalian membeli peralatannya langsung dari tempat resminya. Jangan sampai kalian berurusan dengan meja pengadilan, hanya karena mencoba membeli peralatan di tempat yang tidak resmi.

(Winahyu Budi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.