Service Gratis 2016, Pengabdian Mahasiswa untuk Masyarakat

Beberapa Mekanik sedang memperbaiki kendaraan peserta pada Kegiatan Service Gratis 2016 yang terletak di Rest Area, KarangPloso.

Beberapa Mekanik sedang memperbaiki kendaraan peserta pada Kegiatan Service Gratis 2016 yang terletak di Rest Area, KarangPloso.

Servis Gratis  kembali diadakan tahun ini oleh Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Politeknik Negeri Malang (Polinema), Sabtu (05/11). Kegiatan tersebut merupakan serangkaian dari Mechanical Days Jurusan Teknik Mesin Polinema yang berlangsung di Rest Area Karangploso, Malang. Tujuan kegiatan ini diselenggarakan adalah  sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat umum sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. Tahun ke dua kegiatan ini mengambil tema “Wujudkan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Rangka Mechanical Days yang ke-6”. Pembukaan acara dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB dan selesai pada pukul 15.00 WIB. Terdapat 100 pendaftar dari target 85 kendaraan roda dua yang telah terdaftar, dengan sponsor yang berasal dari Pertamina, Nitrogen, dan Honda Eka Jaya Motor.

Karya dari Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Workshop Electro yang dipamerkan dalam Service Gratis 2016.

Karya dari Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Workshop Electro yang dipamerkan dalam Service Gratis 2016.

Dalam kegiatan ini, juga terdapat layanan lain seperti pameran teknologi, check – up  kesehatan, isi nitrogen, dan ganti oli gratis untuk 60 pendaftar pertama, dan hiburan dari panitia. Terdapat sebanyak delapan pit (tempat) servis dengan masing-masing dua orang mekanik dari Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin. Seluruh jenis kendaraan roda dua, mulai dari matic, bebek, dan sport diservis pada karburator, busi, dan lampu kendaraan. “Permasalahan keseluruhan sebagian besar kendaraan  yang diservis terdapat ketika tarikan motor yang melambat atau yang olinya sampai kering,” tutur Moh. Sujoko Apriliandi, selaku mekanik. Ketika peserta menunggu kendaraannya diservis, mereka dapat melihat pameran teknologi yang menampilkan karya dari Workshop Electro Polinema dan beberapa hasil Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin seperti Light Cube. Selain itu peserta dapat melakukan check – up kesehatan gratis dengan petugas dari Korps Sukarelawan Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Malang (Polkesma). “Kendala dari acara hanya dari sumber listrik yang terdapat di Rest Area, karena daya yang rendah namun dapat diatasi dengan genset,” ungkap Sub Ketua Pelaksana Service Gratis 2016, Muchlis Dwi Ardiansyah.

Respon positif dari masyarakat dengan kegiatan ini terbukti dengan terlampauinya target peserta. “Dengan adanya servis gratis ini sangat membantu, bisa menghemat biaya,” kata Adiman Prasetyo dari Ampeldento, Karangploso. Layanan yang diberikan panitia juga dinilai baik oleh peserta, seperti yang diungkapkan oleh Yustini bahwa layanan yang diberikan cukup memuaskan. “Saya harap servis gratis ini sering dilaksanakan di Rest Area ini,” ujar Adiman. Muchlis juga berharap bahwa servis gratis kedepannya dapat lebih meriah lagi dan lebih banyak peserta yang datang. (Fauzi, Wibby)

Related Posts