Tue. Nov 30th, 2021

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

Samjin Company English Class: Perjuangan Mengungkap Kebenaran

3 min read
Poster Samjin Company English Class. (Sumber: drakorindocc.com)

Samjin Company English Class merupakan film bergenre drama komedi yang mengangkat permasalahan kenakalan perusahaan besar, terutama pada masalah limbah. Film ini menceritakan tiga wanita yang bekerja di perusahaan Samjin yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Film yang disutradarai oleh Lee Jong Pil ini diperankan oleh tiga tokoh utama yaitu Lee Ja Young (Ko Ah-sung), Jung Yoo Na (Esom), dan Sim Bo Ram (Park Hye Soo). Dilansir dari kompas.com, film ini berhasil menguasai box office Korea Selatan selama beberapa pekan sejak rilis pada 21 Oktober 2020. Film ini juga berhasil memenangkan kategori Best Film pada ajang Baeksang Arts Awards 2020.

Berlatar tahun 1995, film ini berkisah tentang tiga tokoh yang bekerja sebagai pekerja kelas bawah di Perusahaan Samjin. Meskipun bagus dalam melakukan pekerjaan, mereka kesulitan untuk naik jabatan karena latar belakang pendidikan mereka yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA). Mereka berambisi untuk mendapat promosi jabatan menjadi asisten manajer dengan mengikuti ujian Test of English for International Communication (TOEIC) dengan skor 600 atau lebih. Di tengah ambisinya belajar TOEIC, Lee Ja Young diminta untuk membersihkan ruangan atasannya. Namun, ia menemukan seekor ikan yang tidak terawat dan membawa ikan tersebut untuk dilepaskan di sungai. Saat hendak pulang, ia terkejut melihat ikan-ikan yang mati berserakan di sungai dekat pipa pembuangan limbah perusahaan Samjin. Setelah diamati, penyebab matinya ikan adalah pembuangan limbah dari perusahaan Samjin. Selain menjadi penyebab matinya ikan, pembuangan limbah juga mengakibatkan ekosistem tercemar dan kurangnya air bersih. Lee Ja Young mencoba melaporkan hal tersebut dengan harapan perusahaan akan segera menanganinya. Namun, perusahaan justru mengabaikannya dan berusaha untuk menutupi kasus ini dengan membuat hasil laporan palsu. Apa konspirasi yang ada di perusahaan Samjin? Lee Ja Young, Jung Yoo Na, dan Sim Bo Ram berjuang untuk mencari tahu permasalahan dan mencari semua bukti permainan kotor perusahaan Samjin.

Lee Ja Young terkejut dengan keadaan sekitar yang terdampak limbah perusahaan. (Laras)

Secara keseluruhan, alur film ini sangat bagus karena menyuguhkan lika-liku perjuangan tiga sekawan dalam mengungkap kebenaran dan keadilan. Karakter masing-masing tokohnya saling melengkapi seperti Lee Ja Young dengan karakter tegas, Jung Yoo Na gadis pemberani, dan Sim Bo Ram gadis lemah lembut dan penyayang. Film ini mampu membuat penonton ikut terhanyut dalam suasana emosi. Dalam film ini juga disuguhkan beberapa isu sensitif secara berkala. Isu yang diangkat bukan hanya mengenai superioritas di dunia kerja, namun juga isu lingkungan yang lekat dengan image sebuah perusahaan. Konflik pencemaran lingkungan diceritakan dengan apik dan inti masalah dibawakan secara konsisten. Selain itu, film ini menampilkan era tahun 1990-an yang membuat penonton mengetahui bagaimana gaya busana pada era tersebut.

Melalui karakter-karakter kuat serta plot cerita yang tensinya semakin naik, penonton akan menyaksikan bagaimana cara mengatasi perusahaan yang bermain kotor. Ada salah satu dialog pada scene perusahaan Samjin terbukti melakukan korupsi yang membuat penonton ikut terhanyut ke dalam cerita. “Seseorang harus bergabung dengan orang lain untuk mengubah dunia,” ujar Jung Yoo Na. Banyak makna dalam film Samjin Company English Class yang dapat dipetik. Contohnya adegan Lee Ja Young, Jung Yoo Na dan Sim Bo Ram yang berkarir di perusahaan Samjin, mereka banyak melalui kesulitan selama bertahun-tahun namun mereka tetap gigih dan pantang menyerah. Melalui film ini, penonton dapat melihat bagaimana keadilan dan hukum di negeri kapitalis. Pada akhirnya, mereka berhasil memperjuangkan keadilan dan mengungkap kebenaran.

(Laras Wulansari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.