Rutin, Mahasiswa Baru Polinema Ikuti Upacara Penerimaan dan Tes Urine

Direktur Polinema, Bapak Drs. Awan Setiawan, M.MT., MM, memberikan amanat dalam upacara penerimaan maba, Kamis (15-08). (Vinna)

Dalam rangka menyambut mahasiswa baru (maba) tahun ajaran 2019/2020, Politeknik Negeri Malang (Polinema) kembali mengadakan upacara penerimaan maba dan kegiatan tes urine, Kamis (15-08). Acara yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini diikuti kurang lebih 3383 maba Polinema, belum termasuk peserta dari Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU) Kediri dan Lumajang. Rangkaian acara ini dilaksanakan di beberapa tempat, di antaranya; Lapangan Mini Soccer, Graha Polinema, serta beberapa gedung di Polinema.

Upacara penerimaan maba, yang merupakan kegiatan awal dari serangkaian acara, berlangsung sekitar pukul 05.30—09.00 WIB. Acara ini dihadiri Direktur Polinema, Bapak Drs. Awan Setiawan, M.MT., MM, beserta jajaran dan tamu undangan. Pelepasan balon oleh Direktur Polinema beserta jajaran menandakan berakhirnya upacara serta sebagai simbolis penerimaan maba Polinema tahun 2019. Acara dilanjutkan dengan kegiatan tes urine yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa Pasukan Anti Narkoba (UKM PASTI) di lima gedung Polinema, yaitu Gedung Teknik Sipil lantai dua, lima, dan tujuh, Gedung Teknik Mesin lantai ground  dan lantai dua, Basement Graha Polinema serta Gedung AO dan AH. Tes urine tahun ini mengusung tema “Gerakan Nyata Menuju Generasi Baru Polinema Bebas Narkoba”, yang bertujuan sebagai pencegahan peredaran gelap narkoba terhadap mahasiswa baru Polinema.

Anggota UKM PASTI menjelaskan prosedur tes urine kepada maba Polinema 2019 di selasar Gedung AH, Kamis (15-08). (Reva)

Jalannya tes urine dibagi menjadi empat pos. Pos satu absensi, pos dua penitipan dan pemeriksaan barang, pos tiga pengambilan sampel urine dan pos empat penyerahan sampel urine kepada panitia. Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini, sebelum melaksanakan tes urine, maba diberi penyuluhan materi oleh panitia. “Penyuluhan materi dari panitia meliputi, alasan diadakannya tes urine, bahaya narkoba, dan dampak narkoba,” ujar Maulana Fajar Ismananda, mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 Teknik Telekomunikasi selaku ketua pelaksana kegiatan tes urine.

Serangkaian acara ini tentunya memberi kesan positif bagi maba dan pihak Polinema. Hal tersebut dapat dilihat dari antusias maba mengikuti rangkaian upacara penerimaan dan tes urine. “Remaja masa kini yang pergaulannya semakin bebas, jadi ya saya setuju dengan kegiatan ini,” ujar Adelia Stefani maba Prodi D4 Teknologi Kimia Industri menanggapi kegiatan tes urine. Sejalan dengan hal tersebut, Bapak Awan juga berharap maba Polinema 2019  bisa menyesuaikan diri terhadap suasana kampus dan menerapkan sikap disiplin.

(Agam, Anisa, Arfia, Reva)

Related Posts