Prastudi, Ajang Adaptasi Mahasiswa Baru di Kampus Biru

Penyematan kartu tanda pengenal kepada perwakilan maba Jurusan Teknologi Informasi oleh Bapak Rudi Ariyanto, ST., M.Cs selaku Ketua Jurusan (Kajur) dalam Upacara Pembukaan Prastudi 2019/2020, Senin (19-08). (Sumber: Dokumen Istimewa)

Prastudi adalah salah satu dari serangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru (maba) Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Prastudi menjadi kegiatan pengenalan awal di setiap jurusan yang ada di Polinema sebelum maba mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Tahun ini, Prastudi dilaksanakan pada 19—22 Agustus 2019. Keterbatasan tempat yang ada di Polinema, menyebabkan kegiatan ini dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada 19—20 Agustus 2019 yang diikuti oleh Jurusan Teknik Sipil, Teknologi Informasi, Teknik Kimia, Administrasi Niaga, dan Akuntansi. Sedangkan gelombang kedua, dilaksanakan pada 21—22 Agustus 2019 diikuti oleh Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro.

Berdasarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Dirjen Dikti Kemendikbud RI) Nomor 25/DIKTI/Kep/2014 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru, kegiatan ini melibatkan civitas akademika dan tenaga kependidikan, serta disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi Perguruan Tinggi. Kegiatan ini harus menganut asas keterbukaan, demokratis, dan humanis. Dengan adanya surat Dirjen Dikti Kemendikbud RI, pihak jurusan memilih Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan mahasiswa umum dari setiap kelas untuk menjadi panitia pelaksana kegiatan Prastudi. Kegiatan ini bersifat wajib bagi seluruh maba maupun mahasiswa lama yang belum mengikuti Prastudi. Sehingga, mahasiswa lama yang belum bisa mengikuti Prastudi di tahunnya, diwajibkan mengikuti kegiatan ini di tahun selanjutnya. Karena keikutsertaan mereka merupakan salah satu syarat agar dapat memperoleh sertifikat kelulusan.

Kajur Administrasi Niaga, Bapak Drs. Joni Dwi Pribadi, M. A. B., memberikan sambutan dalam kegiatan Prastudi Jurusan Administrasi Niaga Polinema 2019, Senin (19-08). (Sumber: Dokumen Istimewa)

Secara garis besar, HMJ menganggap Prastudi bertujuan untuk menyambut dan menumbuhkan nilai-nilai positif bagi maba. Salah satunya Jurusan Teknologi Informasi yang mengangkat tema  ‘Membentuk Rasa Jiwa Solidaritas dan Rasa Tanggung Jawab yang Tinggi antar Mahasiswa Baru Jurusan Teknologi Informasi’ yang diwujudkan dalam bentuk penugasan. “Melalui tugas yang diberikan sedemikian rupa untuk maba, diharapkan dapat terbentuk rasa solidaritas, tanggung jawab yang tinggi, dan saling menghormati antar mahasiswa maupun dosen,” ujar Dimas Ranggana Adi selaku Ketua Pelaksana (Kapel) kegiatan Prastudi Jurusan Teknologi Informasi. Lain halnya di Jurusan Teknik Sipil yang tidak mempunyai tema tersendiri untuk kegiatan Prastudi. Meski tidak mengangkat tema khusus, namun juga memiliki tujuan yang sama dengan HMJ lainnya. Selain itu, melalui kegiatan ini bertujuan agar maba dapat mengerti bagaimana kehidupan di kampus Polinema.

Jika diperhatikan dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Prastudi ini tidak jauh berbeda. Untuk tahun ini terdapat inovasi di beberapa jurusan yang merupakan identitas dari masing-masing jurusan. Dari Jurusan Teknik Kimia misalnya, menugaskan maba untuk membuat atribut nametag yang berbentuk Round Bottom Flask (RBF) bermulut tiga. Untuk Jurusan Akuntansi maba diberi tugas inovasi baru, yakni membuat video after movie dan paper mop dengan jumlah tiga formasi yang belum pernah dilakukan pada Prastudi tahun sebelumnya. Berbeda dari jurusan-jurusan yang lain, Jurusan Teknologi Informasi tidak mengadakan lab tour dan menggantikannya dengan video pengenalan tentang Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi.

Antusiasme maba Akuntansi Polinema 2019 dalam persiapan paper mop di depan Graha Polinema (Grapol), Selasa (20-08). (Sumber: Dokumen Istimewa)

Kegiatan ini memakai tempat yang berbeda-beda bagi setiap jurusan. Untuk peserta gelombang pertama, Jurusan Teknik Kimia menggunakan Gedung AQ, AO, dan AP, di mana penyampaian materi dari Ketua Program Studi dilaksanakan di Ruang Auditorium Gedung AO. Maba Teknik Kimia juga dikenalkan proses pembuatan air Tuyoqu yang bertempat di Gedung AP. Untuk jurusan Teknik Sipil menggunakan lantai tiga Gedung Sipil, Jurusan Akuntansi di Graha Theater, Jurusan Administrasi Niaga di Grapol, dan Jurusan Teknologi Informasi di Aula Pertamina (Auper). Peserta gelombang kedua yaitu dari Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro masing-masing menggunakan Auper dan Grapol.

Melalui serangkaian kegiatan ini, sangat besar harapan dari civitas akademika Polinema agar maba dapat segera beradaptasi di kampus biru. Dengan demikian dapat menumbuhkan rasa solidaritas dan tanggung jawab yang tinggi. “Saya berharap agar maba dapat menciptakan karya-karya yang akhirnya bisa menjadi prestasi,” pungkas Afifuddin selaku Kapel Prastudi Jurusan Akuntansi.

 

(Arya, Dhea, Didin)

Related Posts