Pra Studi, Gerbang Awal Mengenali Kampus Biru

Pra Studi merupakan bagian dari pengenalan kehidupan kampus. Berdasarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Dirjen Dikti Kemendikbud) Nomor 25 / DIKTI / Kep / 2014 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus, kegiatan ini melibatkan civitas akademika dan tenaga kependidikan, serta disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi Perguruan Tinggi. Kegiatan ini harus menganut asas keterbukaan, demokratis, dan humanis.

Di Politeknik Negeri Malang, serangkaian penerimaan mahasiswa baru terdiri atas Latihan Dasar Kedisiplinan, Pra Studi, dan Expo Kelembagaan. Pra Studi tahun akademik 2017/2018 dilaksanakan dalam dua gelombang karena keterbatasan tempat. Gelombang pertama diikuti oleh jurusan Teknik Kimia (Auditorium Gedung AQ), Teknik Sipil (gedung Sipil lantai tiga), Teknik Elektro (Aula Pertamina), dan Akuntansi (Graha Theater) pada 4 – 5 September 2017. Gelombang kedua diikuti oleh Jurusan Teknologi Informasi (Auditorium Gedung AQ), Teknik Mesin (Aula Pertamina), dan Administrasi Niaga (Graha Theater) pada 6 – 7 September 2017.

Mengacu pada Surat Dirjen Dikti Kemendikbud, panitia Pra Studi terdiri atas pihak jurusan dan mahasiswa. Mahasiswa yang dipilih dapat berasal dari himpunan, mahasiswa umum, atau gabungan keduanya. Hampir semua jurusan di Polinema menggandeng himpunan dan mahasiswa umum dalam kepanitiaan Pra Studi, kecuali jurusan Teknik Mesin yang lebih menarik mahasiswa biasa yaitu seluruh ketua kelas tingkat satu atau yang mewakili.

Ditinjau dari konsepnya, masing-masing jurusan mempunyai kebijakan yang berbeda. Teknik Sipil yang dulu Pra Studinya keras, tahun ini menerapkan sistem pendampingan sehingga kakak dan adik tingkat lebih akrab. Sedangkan di Teknik Kimia akan diadakan Kegiatan Pasca Pra Studi (KPP). Konsep lain yang cukup signifikan adalah keberadaan Disiplin Mahasiswa (Disma). Masih ada jurusan yang menerapkannya, tetapi Disma hanya berfungsi untuk penegasan. Contohnya di Teknik Elektro yang Dismanya tidak boleh berkontak fisik dengan maba dan Akuntansi yang hanya mengevaluasi kesalahan maba.

Maba jurusan Teknik Kimia membentuk formasi tulisan KIMIA di Lapangan Basket, Polinema, Selasa (05/09). Sumber foto: HMTK

Dalam Pra Studi terdapat kegiatan indoor dan outdoor. Kegiatan indoor diisi dengan materi mulai dari akademik, perpustakaan, etika, PKM, dan lain lain. Sedangkan untuk kegiatan outdoor, biasa digunakan untuk pengenalan jurusan dan program studi seperti tur bengkel atau laboratorium. Tak lupa maba diberi tugas selama Pra Studi. Tugas yang diberikan pada maba juga bermacam-macam. Teknik Sipil menugaskan maba untuk membuat desain jaket angkatan dan membuat denah rumah satu lantai lengkap dengan potongannya. Di Teknik Mesin, maba diharuskan membuat PKM. Agak berbeda dari yang lain, jurusan Akuntansi memberi tugas untuk membuat video menyanyikan lagu Buruh Tani, Totalitas Perjuangan, dan Mars Polinema serta membawa bibit pohon. Tak lupa terdapat tradisi di akhir Pra Studi seperti pelumuran lumpur maba Teknik Sipil dan penyematan arang maba Teknik Kimia.

Kendala yang dialami tiap jurusan rata-rata terletak pada kepastian jadwal dan koordinasi panitia saat liburan. Sedangkan harapan panitia setiap jurusan hampir sama yaitu tertempanya mental maba agar disiplin menjalani kuliah serta berkontribusi positif untuk Polinema. “Harapan kami adalah adik-adik maba angkatan 2017 menjadi generasi yang solid, prestatif dan inovatif,” ujar Febri, Ketua Pelaksana Pra Studi Teknik Kimia.

(Candra, Farida)

Related Posts