Pentingnya Imbangi Prestasi Akademis dengan Soft Skills

Sumber: m4ws.com

Dalam dunia kerja sangat dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten. Lalu, bagaimana agar kita bisa menjadi SDM yang berkompeten? Salah satu ciri-ciri SDM yang berkompeten adalah kemampuannya untuk mengimbangi kemampuan akademis dengan keterampilan soft skills. Keterampilan tersebut merupakan keterampilan diluar  ilmu pengetahuan, yang cenderung mengarah pada keterampilan sosial, komunikasi, kerja sama dan kepemimpinan. Keterampilan soft skills sama pentingnya dengan hard skills. Berbeda dengan hard skills atau kemampuan akademis, soft skills tidak dapat dilihat secara langsung. Soft skills dapat dilihat dari bagaimana cara seseorang berkomunikasi dengan yang lain.

Untuk menghadapi persaingan di masa mendatang, tidak cukup mengandalkan kemampuan hard skills saja. Pada World Economic Forum, Jack Ma, pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, mengatakan bahwa pendidikan adalah tantangan terbesar saat ini. Pendiri perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok tersebut  juga menyampaikan bahwa tidak cukup jika mengajari anak-anak untuk bersaing dengan mesin yang lebih pintar hanya dengan ilmu. Dibutuhkan cara yang unik untuk menghindari permasalahan tersebut. Salah satunya dengan mengajarkan soft skills yang dibutuhkan. Dengan demikian anak-anak dapat bersaing seiring kemajuan teknologi.

Sumber: Tirto.ID

Mengutip laporan dari McKinsey Global Institute yang berjudul Jobs lost, jobs gained: Workforce transitions in a time of automation, memperkirakan bahwa antara 400-800 juta robot dapat menggantikan pekerjaan pada tahun 2030. Selain strategi preventif yang dilakukan oleh pemerintah dalam menghadapi kemajuan teknologi, setiap individu juga perlu mempersiapkan bekal dalam menghadapinya. Memiliki keterampilan soft skills akan menambah nilai lebih saat mencari sebuah pekerjaan dan menambah daya saing tersendiri. Keterampilan soft skills sangat dibutuhkan dalam dunia kerja nantinya. Tanpa soft skills kita akan sulit untuk bersaing di era Revolusi Industri 4.0 sekarang ini. Jika hanya mengandalkan kemampuan akademis saja, akan sulit untuk bisa bersaing di masa mendatang dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih. Jadi alangkah merugi jika nantinya menghadapi persaingan dalam mencari sebuah pekerjaan hanya dengan kemampuan akademis tanpa bekal keterampilan soft skills.

(Farisfaisal)

Related Posts