Pentingkah Berwirausaha di Usia Muda?

https://www.google.com/amp/s/kudo.co.id/blog/memulai-wirausaha-muda-mandiri-dengan-5-kunci-penting-ini/amp

Mengapa sekarang banyak anak muda yang berwirausaha? Lalu apa pentingnya berwirausaha di usia muda? Berwirausaha di usia muda adalah kemampuan mengembangkan sebuah peluang bisnis, inovasi, dan penguasaan pasar dengan baik di usia muda. Pentingnya berwirausaha adalah mampu melatih seorang individu untuk mengatur dirinya melakukan dua hal sekaligus. Disamping belajar dalam mengenyam pendidikan, mereka juga mendapat ilmu tentang bagaimana nantinya mereka akan bersaing di era modern.

Menumbuhkan kesadaran bahwa berwirausaha penting memang sulit. Kesadaran berwirausaha perlu didukung dengan adanya bakat seseorang dalam berwirausaha. Jika hanya bermodalkan materi tapi tidak tahu strategi dalam berwirausaha, nantinya akan kewalahan saat menjalankan usahanya. Pentingnya kesadaran ingin membantu dan meringankan beban orang tua, juga menjadi salah satu alasan mendasar atau point utama bagi sesorang mau menjalankan usaha. Cara menumbuhkan sifat berasal dari hati nurani masing-masing. Keinginan dari hati dapat timbul karena adanya kebutuhan yang harus tercukupi, baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan yang tidak terduga. Maka dari itu, motivasi dan kemauan untuk melakukan kegiatan berwirausaha berasal dari keinginan orang tersebut untuk memenuhi kebutuhannya tanpa membebankan lebih pada orang tua.

https://m.kaskus.co.id/thread/5983044cc1d770362d8b456b/memulai-bisnis-online–internet-marketing/

Wirausaha di usia muda banyak dijumpai baik dari kalangan pelajar maupun mahasiswa. Salah satunya adalah Thanryganka Vinsha mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Ia mengungkapkan, “Usaha yang saya jalankan saat ini adalah membuka online shop dan toko baju di Banyuwangi sejak tahun 2015. Untuk usaha percetakan sudah berdiri sejak tahun 70an oleh nenek saya, namun mulai saya pegang sejak tahun 2013”. Thanry juga menambahkan bahwa modal awal dalam menjalankan usaha didapat dari uang saku yang disisihkan tiap bulannya. Namun selain dari uang saku, modal usaha dapat juga diperoleh dari pinjaman modal bank yang biasanya memberikan pinjaman dengan bunga ringan. “Langkah awal untuk memulai usaha yaitu mencari supplier yang trusted, setelah usaha yang dijalankan terbilang lancar barulah memberanikan diri dengan menambah modal yang lumayan besar”, ungkap Thanry. Mahasiswi ini juga mengatakan bahwa kendala yang mungkin dihadapi seorang wirausaha muda adalah cara membagi waktu. Selain itu pengusaha muda juga harus berfikir mengenai inovasi-inovasi yang baru agar usaha tersebut tetap berjalan lancar.

Sebenarnya berwirausaha diusia muda memberikan banyak manfaat. Diantaranya, uang saku bertambah dan lebih menghargai setiap pengeluaran uang. “Ya bisa lebih tau rasa susahnya cari duit”, tegas Thanry. Wirausaha sejak muda juga sangat bermanfaat untuk masa yang akan datang. Seperti lebih tahu cara mempromosikan produk di pasar, berlatih memanfaatkan peluang, dan bisa berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Berwirausaha sedari muda memiliki peran penting untuk melatih mental serta kepiawaian seseorang dalam mengelola waktu dan materi. Maka dari itu memiliki usaha di usia muda bisa dianggap penting. Namun, kepentingan dan kebutuhan setiap orang tetap kembali pada individu masing-masing.

(Vivian)

 

Related Posts