Pembekalan Kedisiplinan bagi Maba Polinema

 

Salah satu tradisi serangkaian penerimaan mahasiswa baru (maba) di Politeknik Negeri Malang (Polinema) adalah Latihan Dasar Kedisiplinan (LDK). LDK bertujuan untuk membekali maba agar mempunyai karakter disiplin, sifat kepemimpinan, dan berwawasan kebangsaan yang mengarah pada rasa cinta tanah air. Bekal ini diperlukan dalam menghadapi perkuliahan hingga nanti di dunia kerja.

Ada yang berbeda dari LDK Polinema tahun akademik 2017/2018. Jika pada tahun akademik 2016/2017 LDK dilaksanakan di Pusat Pendidikan Altileri Angkatan Udara (Pusdik Arhanud), tahun ini LDK dilaksanakan di tiga tempat berbeda dengan waktu pelatihan tiap gelombang yang lebih singkat. Tadinya pelaksanaan LDK dijadwalkan pada tanggal 7 – 24 Agustus 2017 di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Malang, namun faktanya LDK terlaksana pada 7 – 30 Agustus 2017 yang berdampak pada jadwal Pra Studi dan Expo Kelembagaan.

Upacara pembukaan LDK gelombang satu di Lapangan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Malang, Senin (07/08).

Jumlah maba Polinema tahun ini 3146 yang kemudian terbagi dalam tiga gelombang. Masing-masing gelombang direncanakan melaksanakan LDK selama seminggu. Gelombang satu dilaksanakan di Lanal dan diikuti oleh 1091 mahasiswa, namun karena secara mendadak terdapat urusan internal Lanal LDK hanya terlaksana selama empat hari yaitu 7-10 Agustus 2017. Pihak Lanal menilai output LDK layak karena semua materi bisa tersampaikan meski dipadatkan.

LDK gelombang dua tidak bisa dilaksanakan di tempat Tentara Nasional Indonesia (TNI) seperti biasanya. Pusdik Arhanud dan Komando Pendidikan Kejuruan (Dodikjur) sedang tidak bisa menerima mahasiswa LDK Polinema. Akhirnya, LDK gelombang dua dan tiga berlangsung di Petungsewu Wildlife Education Center (P-WEC) dan Coban Talun. Alasan memilih tempat tersebut karena sesuai untuk pembentukan karakter dan pelatihan. Drs. Sidik Ismanu, M.Si selaku Pembantu Direktur III turut beralasan ekspresi maba bisa lebih keluar karena tempatnya yang sejuk dan minimnya maba sakit selama kegiatan.

Pelatih menjelaskan teknik games kepada peserta Latihan Dasar Kedisiplinan (LDK) di Petungsewu Wildlife Education Center (P-WEC) Malang, Rabu(30/08).

Untuk LDK gelombang dua dibagi lagi menjadi empat gelombang yaitu gelombang 2A tanggal 14-16 Agustus, gelombang 2B tanggal 18-20 Agustus, gelombang 2C tanggal 22-24 Agustus, dan gelombang 2D tanggal 26-28 Agustus. Dengan masing-masing gelombang berjumlah 375 mahasiswa yang bertempat di Coban Talun. Sedangkan untuk LDK gelombang tiga dibagi lagi menjadi tiga gelombang yaitu gelombang 3A tanggal 14-16 Agustus, gelombang 3B tanggal 21-23 Agustus, dan gelombang 3C tanggal 28-30 Agustus. Masing masing gelombang berjumlah sekitar 200 mahasiswa yang bertempat di P-WEC. Adapun alasan untuk gelombang dua dan tiga dibagi lagi dikarenakan faktor kapasitas tempat, selain itu supaya pelatihannya lebih efektif dan maksimal. LDK gelombang dua dan tiga lebih mengedepankan kegiatan yang dekat dengan alam, dengan harapan mental dan empati maba akan menguat.

“Kamar mandinya antre, kurang nyaman tidur sempit-sempitan, dan capek waktu baris berbaris, tapi kegiatannya seru semua dan bisa melatih kekompakan sesama maba,” komentar Mauliya, maba LDK di Coban Talun. Sementara itu, Aris selaku koordinator acara LDK di P-WEC dalam penutupan LDK gelombang 3C berpesan, “Hargai jerih payah orang tua kalian! Terapkan pelajaran yang kalian dapatkan selama LDK! Jangan egois dalam pertemanan, ingatlah bahwa kita pernah belajar bersama dalam segala ketidaknyamanan yang ada.”

(Fifa, Fina, Rona)

Related Posts