Pantai Ungapan, Satu Lagi Keindahan Malang Selatan

Panorama garis pantai Pantai Ungapan (Deby)

Setelah satu minggu disibukkan dengan Ujian Akhir Semester (UAS), saya dan teman satu kelas mencoba menyegarkan pikiran dengan mengunjungi sebuah pantai di pesisir Malang selatan. Untuk sampai ke pantai tersebut, kami harus menempuh perjalanan selama 3 jam dari kota Malang melewati Kecamatan Bantur, dengan jarak dari Kota Malang sekitar 75 KM. Akses menuju pantai sudah cukup memadai karena sudah dibangun jalur lintas selatan yang memudahkan para wisatawan untuk mengunjungi pantai di Malang Selatan. Ditengah perjalanan, kami juga masih menemui proyek perluasan jalan.

Pantai yang kami kunjungi kali ini adalah Pantai Ungapan, yang merupakan bagian dari garis Pantai Bajulmati, selain Pantai Jelangkung dan Bajulmati itu sendiri. Jika kita berangkat melewati Kecamatan Bantur, lokasi Pantai Ungapan berada persis sebelum Jembatan Bajulmati. Pantai Ungapan terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini dekat dengan Pulau Kletek yang dapat dilihat dari sisi pantai. Pantai Ungapan terletak diantara Pantai Goa Cina dan Pantai Bajulmati. Pantai Ungapan saat ini dikelola oleh Perhutani. Harga tiket masuk Pantai Ungapan sebesar Rp. 10.000 per orang, biaya parkir untuk roda dua sebesar Rp. 5.000, dan roda empat sebesar Rp. 10.000. Setelah itu kita bisa memanjakan diri sepuasnya di pantai ini.

Butiran pasir yang menambah keindahan di Pantai Ungapan. (Deby)

Pemandangan Pantai Ungapan tidak jauh berbeda dengan Pantai Bajulmati. Kita dapat menyaksikan deretan batu besar yang mirip dengan buaya, dan memiliki warna air laut yang biru dengan gradasinya yang menambah kesan eksotis. Pantai Ungapan memiliki dua pulau di tengah laut, dan deretan bukit-bukit kecil yang dinamai Bukit Getun. Pulau dan bukit inilah yang menambah kesan unik dari pantai ini. Panorama laut lepas yang disuguhkan di Pantai Ungapan dengan deburan ombak yang saling bergantian juga menambah kesan keindahan alami di pantai ini. Namun saat kami ke Pantai Ungapan, ombak di pantai ini menjadi lebih besar dari biasanya dan juga air laut mengalami pasang. Hal ini disebabkan oleh efek gerhana bulan pada malam sebelumnya (31/1). Pantai Ungapan sendiri memiliki pasir dengan campuran pasir hitam dan pasir putih sehingga tidak terlalu halus. Pantai ungapan memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga tidak diperbolehkan untuk berenang terlalu jauh dari garis pantai. Sebagai gantinya kita dapat bermain air di dekat muara sungai yang tenang dan tidak terlalu dalam.

Fasilitas “Bumi Perkemahan” yang ada di Pantai Ungapan (Deby)

Sepanjang tepi Pantai Ungapan terdapat gazebo sederhana yang berjajar dari timur memanjang ke barat. Di belakang gazebo terdapat lapangan “Bumi Perkemahan” dan pohon kelapa yang cocok dijadikan tempat piknik dan berkemah. Fasilitas yang ada di Pantai Ungapan juga sudah lumayan lengkap. Terdapat kios-kios yang menjual makanan dan minuman di sisi pantai mulai dari nasi campur, bakso, cilok, es kelapa muda, es campur dan juga terdapat toilet dan mushola. Namun kondisi Pantai Ungapan kurang terjaga kebersihannya. Masih terdapat banyak sampah di sepanjang pinggiran pantai. Sebagai penikmat keindahan alam, seharusnya kita turut menjaga kebersihan. Karena dengan begitu alam yang menjadi aset kekayaan Indonesia akan tetap terjaga kelestariannya. Sehingga nantinya anak cucu kita juga dapat menikmati keindahan Pantai Ungapan ini. Marilah bersama kita menjaga kebersihan alam yang kita cintai.

(Deby)

 

 

Related Posts