Thu. Dec 3rd, 2020

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

Mewujudkan Semangat Ukhuwah melalui Opening Mentoring 2020/2021

2 min read

Dr. Eng. Anggit Murdani, S.T.,M.Eng memberikan sambutan pada acara Opening Mentoring, Sabtu (14-11). (Sinta)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian Islam Politeknik (Rispol) Politeknik Negeri Malang kembali menggelar acara Opening Mentoring 2020/2021, Sabtu (14-11). Pelaksanaan kali ini dilakukan secara daring melalui live YouTube Rohis Polinema yang diikuti oleh sekitar 3000 orang. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru (maba) muslim Politeknik Negeri Malang (Polinema). Dengan mengusung tema “Wujudkan Indahnya Mentoring dengan Semangat Ukhuwah agar Terciptanya Generasi yang Berkarakter Islami dan Berjiwa Qur’ani”, Rasyed Renaldi selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa tujuan dari Opening Mentoring ialah untuk mewujudkan generasi mahasiswa Polinema yang berkarakter islami dan berjiwa Qur’ani.

Acara dimulai dengan penampilan Majelis Syifa’ul Qolbi, Hadrah Rohis Polinema yang melantunkan beberapa sholawat Nabi. Kemudian, dilanjutkan dengan pembukaan acara dan qira’ah oleh panitia yang bertugas. Setelah qira’ah, dilanjutkan dengan pembacaan surah Al-Mulk secara serentak oleh maba. Acara inti diisi dengan penyampaian tausiyah oleh Habib Muhammad bin Anies Sahab dengan topik “Keistimewaan Nabi Muhammad SAW”. Karena dilaksanaan secara virtual, interaksi tanya jawab antara pemateri dan peserta sangat minim. Selanjutya adalah pembukaan mentoring oleh Pembantu Direktur (Pudir) III, Dr. Eng. Anggit Murdani, S.T.,M.Eng. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian sosialisasi tentang kegiatan pertemuan mentoring yang wajib diikuti oleh maba selama enam kali melalui Google Classroom dan Zoom. Acara ditutup dengan doa dan pemutaran video yang berisi kesan dan pesan mentoring tahun lalu.

Sosialisasi tentang jadwal kegiatan mentoring oleh panitia, Sabtu (14-11). (Adinda)

Acara Opening Mentoring ini disambut positif oleh maba. “Opening mentoring baik untuk menambah wawasan dan ilmu tentang agama,” ujar Baha’uni Auliya Uddin, maba Jurusan Teknik Sipil, Program Studi D3 Teknik Kontruksi Jalan, Jembatan, dan Bangunan Air. Ia hanya menyayangkan materi yang diberikan terlalu singkat.

Kendala tersebut tidak hanya dialami oleh peserta saja, begitu pula dari panitia. “Konsepan berubah dikarenakan pemateri yang datang lebih awal, sehingga acara tausiyah dimajukan. Selain itu ada sedikit masalah di sound yang tidak bagus suaranya. Masalah selanjutnya adalah link absensi tidak dapat dibuka, sehingga panitia mengganti link absensi,” ujar M. Khoirul Wahyudin selaku panitia. Dibalik beberapa masalah tersebut, Rasyed berharap setelah mengikuti kegiatan opening mentoring, maba menjadi pribadi yang lebih baik dengan menjunjung tinggi akhlak dan perbuatan Nabi Muhammad SAW serta memiliki kecintaan terhadap Al-Qur’an.

(Adinda N, Sinta Y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.