Thu. Dec 3rd, 2020

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

Menurunkan Berat Badan secara Alami dengan Lidah Buaya

3 min read

Mengonsumsi lidah buaya dapat menurunkan berat badan. (Salsabila)

Banyak hal yang bisa jadi masalah buat mahasiswa saat ini, salah satunya insecure dengan bentuh tubuh. “Yahh kok ga muat sih, padahal lucu,” adalah ungkapan yang sering terucap saat kita gagal mencoba baju baru. Tidak bisa dipungkiri bahwa semua ingin tampil cantik dengan tubuh yang ideal. Banyak cara sudah dilakukan, mulai dari rajin olahraga, berpuasa, menjaga pola tidur hingga diet. Namun, hal itu seringkali tidak membuahkan hasil, terlebih dalam situasi pandemik saat ini. Kegiatan sehari-hari menjadi terbatas, apalagi siklus berulang hanya makan-kuliah-tidur tentu menjadi kebiasaan yang tidak baik. Hal itu dapat meningkatkan risiko penambahan angka timbangan.

Lalu bagaimana? Sebenarnya kalian bisa lo memanfaatkan bahan alami yang cocok dengan kantong mahasiswa. Apa itu? Jawabannya adalah lidah buaya. Lidah buaya yang memiliki nama latin Aloe vera ini sering dijumpai sebagai tanaman hias, bahan utama skincare maupun perawatan rambut. Namun, lidah buaya juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Ingin tahu bagaimana penjelasan lebih lanjutnya? Simak tulisan di bawah ini.

Melansir dari aloevera.green, lidah buaya mengandung antioksidan dan 75 nutrisi yang dapat membantu menurunkan berat badan, berikut khasiat lidah buaya untuk menurunkan berat badan.

  • Sebagai obat pencuci perut

Sistem pencernaan yang tidak lancar kadangkala dapat menjadi faktor kenaikan berat badan. Nah, lidah buaya mampu menjadi solusi karena sifat pencahar alaminya yang dapat melancarkan pencernaan. Di samping itu lidah buaya juga mengandung Antrakuinon, senyawa ini membantu memperbaiki komposisi bakteri sehat dan menyerap lebih banyak air ke dalam feses. Sehingga tidak terjadi penumpukan sisa makanan dalam tubuh yang mengakibatkan penambahan berat badan.

  • Menyeimbangkan kandungan air dalam tubuh

Salah satu kondisi utama yang menyebabkan penambahan berat badan adalah berat air. Berat air dalam tubuh cenderung akan menurun ketika kalian melakukan metode penurunan berat badan lainnya. Sifat pencahar alami yang dimiliki oleh lidah buaya dapat mencegah retensi air, juga membantu tubuh menjaga keseimbangan kandungan air dalam tubuh..

  • Membantu proses detoksifikasi

Meningkatnya pola hidup yang tidak sehat mulai dari merokok hingga terlalu banyak mengonsumsi junkfood dapat menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh. Oleh karena itu, mengharuskan kita untuk melakukan detoksifiksi, karena salah satu pemicu peningkatan berat badan adalah penumpukan racun. Kandungan Polisakarida dan Antioksidan dalam Lidah buaya membantu membersihkan tubuh dan mengeluarkan racun.

Dalam beberapa penelitian yang dilansir dari www.healthline.com juga menyebutkan bagaimana Aloe vera dapat membantu proses penurunan berat badan, sebagai berikut:

  • Mempercepat metabolisme

Aloe vera dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga dapat mempercepat pembakaran kalori. Akibatnya, proses penurunan berat badan semakin cepat. Kandungan vitamin B dalam Lidah buaya juga dapat membantu mengontrol nafsu makan. Dalam satu penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat mempengaruhi metabolisme lemak dan gula dalam tubuh sambil mencegah penumpukan lemak perut.

  • Mencegah nafsu makan melalui mengatur gula darah

Lidah buaya dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan kontrol gula dalam darah. Dengan peningkatkan kontrol gula darah, maka dapat mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah sehingga mengurangi rasa lapar. Dalam sebuah studi pada 136 orang, ditemukan bahwa mengambil kompleks gel lidah buaya selama delapan minggu dapat mengurangi berat badan dan lemak tubuh, serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin, hormon yang terlibat dalam kontrol gula darah.

Cara Mengonsumsi Lidah Buaya

Cara membuat jus lidah buaya sebagai penurun berat badan. (Aura)

Cara mengonsumsi lidah buaya pun tidak ribet, hanya memerlukan niat saja, karena lidah buaya juga mudah ditemui. Kalian bisa meminta ke teman ataupun membeli di toko tanaman.

Bagaimana cara membuat minuman dari lidah buaya? Pertama mulai dari mengupas kulit kemudian membersihkan lendirnya. Setelah itu dipotong-potong dan dimasukkan ke dalam lemari es untuk menambah kesegaran. Potongan lidah buaya ini dapat dibuat menjadi es lidah buaya ataupun jus. Namun, jus lidah buaya memiliki rasa pahit, kamu bisa menambahkan gula batu sebagai pemanis ataupun mencampurnya dengan jus buah lain untuk membuat rasanya lebih enak. Meskipun demikian, kita tidak boleh mengonsumsinya setiap hari ya, karena konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan diare dan dehidrasi.

(Aura)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.