Menilik Sedikit Tentang OS Android

Sumber: TechLila.com

Di zaman yang serba modern ini istilah Android tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat milenial. Android merupakan operation system (OS) yang sangat mengagumkan dengan segala keunggulannya. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet(wikipedia). Android pertama kali ditemukan oleh Andy rubin yang kemudian dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google. Salah satu perusahaan teknologi terbesar dunia ini kemudian membelinya pada tahun 2005, dan dirilis secara resmi pada tahun 2007. Android termasuk OS yang cepat dan responsif walaupun itu tergantung spesifikasi dan kualitas hardwarenya. Keunggulan tersebut tergantung dari pengaturan kinerja yang diberikan oleh sistem pabrik maupun pengaturan manual, seperti low end, medium, dan high end.

Sejak pertama kali muncul, sudah banyak perkembangan dan beberapa versi baru yang telah diluncurkan. Dibalik sistemnya yang banyak menarik perhatian pengguna, ada beberapa fakta menarik mengenai android yang masih belum diketahui. Fakta yang pertama android selalu menggunakan kode nama makanan pencuci mulut dan manis. Disamping itu kode nama masing- masing dirilis sesuai urutan alfabet. Diantaranya, android cupcake(2009), donut(2009), eclair(2009), froyo(2010), gingerbread(2010), honeycomb(2011), icecream sandwich(2011), jellybean(2012), kitkat(2013), lollipop(2014), marshmallow(2015), nougat(2016), oreo(2017), dan yang terakhir adalah android pie. Fakta selanjutnya yaitu android merupakan sistem operasi yang bersifat open source dan gratis. Siapapun dapat memodifikasi dan mengadopsi ke perangkat pribadinya tanpa harus membayar lisensi. Sifat OS yang terbuka dan gratis membuat banyak creator leluasa mengembangkan aplikasi yang digunakan pada android. Saat ini, smartphone Android memiliki harga yang beragam mulai dari 500 ribu hingga jutaan rupiah.

 

Sumber: android.com

 

Meskipun android memiliki banyak kelebihan, sistem ini juga tak luput dari beberapa kekurangan yang dimilikinya. Kinerja dari OS android ini lumayan berat sehingga memakan banyak Random Access Memory (RAM) dan memori internal. Apabila smartphone yang digunakan hanya memiliki RAM dan Read Only Memory (ROM) yang kecil, jelas dapat menghambat kinerja dan menyebabkan smartphone kurang responsif. Walau android dapat dimodifikasi dengan berbagai teknologi yang ada, bukan berarti Android menjadi OS yang sempurna. Terkadang muncul  ketidakstabilan pada sistem yang berujung pada kerusakan pada perangkat keras. Masalah yang timbul akibat dari kecacatan OS ini misalnya, smartphone cepat panas dan kebocoran memori.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone dan android merupakan satu kesatuan yang paling dibutuhkan saat ini. Kini android menjadi OS sejuta umat, dengan populasi lebih dari satu milyar pengguna. Dalam perjalanannya selama kurun waktu lima tahun android mecatatkan pertumbuhan OS tercepat dalam sejarah. Kehadiran OS ini tentu membawa perubahan yang sangat besar di dunia teknologi informasi. Meskipun begitu, android akan terus berkembang agar tidak kalah dari pesaingnya, salah satunya iPhone OS. Namun karena sistemnya yang lebih mudah dan harganya yang relatif lebih terjangkau dengan fitur gratis membuat android masih merajai dunia telekomunikasi saat ini.

(Abid)

Related Posts