Menilik Antusiasme Maba Polinema dalam Expo Kelembagaan 2019

Maba Polinema 2019 saat menyaksikan orasi UKM LPM Kompen di Grapol, Jumat (23-08). (Reva)

Expo Kelembagaan Politeknik Negeri Malang (Polinema) merupakan kegiatan rutin setahun sekali, dengan maksud memperkenalkan Organisasi Kemahasiswaan Intra (OKI) yang mencakup dua Lembaga Tinggi (LT), tujuh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan tiga belas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kepada mahasiswa baru (maba). Untuk tahun ini Expo Kelembagaan 2019 mengangkat tema “Satukan Tekad OKI Polinema Guna Mewujudkan Mahasiswa Baru yang Penuh Karya.” Acara ini diselenggarakan oleh panitia expo yang terdiri dari perwakilan tiap-tiap LT, HMJ,  UKM serta mahasiswa umum yang telah mendaftar di Open Recruitment panitia expo. Lokasi expo tahun ini sama dengan tahun sebelumnya, bertempat di Graha Polinema (Grapol) dan Lapangan Minisoccer Polinema. Total maba tahun 2019 yang hadir sekitar 3600 peserta. Hadirnya maba dari Program Studi (Prodi) baru di Polinema yaitu D3 Pertambangan tentu menambah jumlah peserta Expo Kelembagaan 2019.

Serangkaian kegiatan expo dimulai pukul 05.30–16.50 WIB yang terbagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama, maba diarahkan untuk berkumpul di Grapol untuk menyaksikan penampilan orasi dari setiap LT, HMJ dan UKM,  yang berakhir pada pukul 10.15 WIB. Pada sesi pertama ini Prodi Garuda Maintenance Facility (GMF) belum bisa bergabung karena adanya pra study tambahan.  Pada sesi kedua, kunjungan stan-stan OKI yang berlangsung di Lapangan Minisoccer, dimulai pukul 13.00 WIB. Sesi ini terbagi menjadi dua gelombang, dimana mana pada setiap gelombang diberikan waktu 45 menit untuk berkunjung ke stan-stan OKI.

Maba Polinema 2019 mengunjungi stan UKM LPM Kompen dalam kegiatan Expo Kelembagaan 2019 di Lapangan Minisoccer Polinema, Jumat (23-08). (Yoslaza)

Persiapan anggota OKI dalam menyambut expo memberikan kesan tersendiri bagi maba Polinema 2019. Maba terlihat antusias saat menyaksikan serangkaian kegiatan orasi hingga mengunjungi stan. Visualisasi dari setiap organisasi juga membuat maba lebih mengerti apa fungsi dari masing-masing organisasi, serta memudahkan maba untuk mencari organisasi yang sesuai dengan minat dan bakatnya. “Acara expo ini sangat memotivasi untuk dapat mengembangkan potensi, tidak hanya di bidang akademik saja,” tutur Meliana Wijaya, maba Prodi D4 Akuntansi Manajemen.

Di balik acara yang terbilang lancar, menurut Galang Aji Santoso, mahasiswa Prodi D4 Manajemen Pemasaran selaku Ketua Pelaksana (Kapel), acara ini juga memuat kendala yakni terbatasnya waktu kegiatan dikarenakan pemilihan hari expo (Jumat) diputuskan secara mendadak. Hal tersebut disebabkan adanya kerancuan kalender akademik Polinema.  Untuk itu kendala semacam ini diharapkan tidak terulang lagi di tahun-tahun berikutnya.

 

(Novi, Sinta, Yoslaza, Yossana)

Related Posts