Mengenal tugas Dj, kreator EDM

Sumber: dokumen istimewa.

Manusia memiliki banyak cara untuk mengekspresikan diri dan berkreasi, salah satunya melalui musik. Menurut Suhastjarja, dosen senior di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta,  “Musik adalah suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat, tentang bentuk wujud nada atau suara lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni serta memiliki suatu bentuk dalam ruang dan waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan hidupnya sehingga dapat dimengerti dan dinikmatinya”. Di zaman modern ini musik mulai berkembang, salah satu genre musik baru adalah Electronic Dance Music (EDM). Awalnya musik ini dibuat bertujuan untuk dimainkan di klub malam dan festival, namun kini EDM juga sering kita temui di acara pentas seni dan pertunjukan musik di sekolah maupun di kampus. Musik EDM dapat diramu dengan menggabungkan satu lagu dengan lagu lainnya yang disebut mixing. Beberapa lagu dipilih untuk dimix, kemudian setelah dimix  dipilih beat yang tepat untuk perpindahan ke lagu berikutnya. Disinilah selera dan kreatifitas diperdengarkan. Keindahan musik EDM tergantung dari kepiawaian meramu lagu yang diolah.

Musik jenis ini biasa dimainkan oleh seorang yang berprofesi sebagai Disjoki (Dj). Disjoki berasal dari kata Disk dan Jockey, dalam Bahasa Inggris berarti kaset dan penunggang. Ada banyak cara untuk menjadi Dj, salah satunya dengan bersekolah Dj. Ada sekolah khusus untuk Dj di kota-kota besar, seperti Surabaya, Jakarta, Semarang, dan lain-lain. Di sekolah tersebut akan diajarkan Equipment Introduction yaitu membahas seluruh kegunaan alat Dj. Kemudian tahapan selanjutnya Beat and Clab digunakan untuk menangkap beat yang masuk dan akan digabung dengan lagu selanjutnya. Setelah belajar Beat and Clab selanjutnya Speed Hunting, belajar tentang tempo untuk dapat menyamakan temponya. Kemudian ada tahapan lainnya adalah Beat rockin, Running mix, Bar mix, Sound control, dan lain-lain.

Setelah selesai dari DJ School, barulah seorang Dj dirasa mampu dan pantas untuk memperdengarkan musiknya pada khalayak umum. Baik si pentas seni, konser di sekolah dan kampus, dan berbagai acara besar. Untuk dapat bermain di klub malam, biasanya akan ada recruitment dari klub itu sendiri. Secara umum Dj dinilai dari kepiawaiannya meramu beat, kemudian perpindahan lagu dari lagu pertama ke lagu berikutnya. Saat ini sudah banyak Dj yang memproduksi lagu EDM sendiri, salah satunya adalah Dj internasional Yellow Claw. Sedangkan Dj lokal yang sudah mulai terkenal, diantaranya Dipha Barus, Weird Genius, DJ Triplek, dan masih banyak lagi.

Tidak berhenti pada penampilan diatas panggung saja, saat ini juga sudah banyak Dj yang bekerja sama dengan musisi solo lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan musik EDM untuk dikolaborasikan dengan suara vokal. Salah satunya Raisa yang berkolaborasi dengan Dj Dipha Barus dan menghasilkan sebuah lagu berjudul “My kind of crazy”. Gebrakan ini mampu menunjukan bahwa lagu dengan jenis EDM dapat dikembangkan dengan memadupadankan dengan genre lainnya. Hingga saat ini, musik EDM terus berkembang dan Dj Indonesia terus bermunculan. Dengan adanya hal tersebut penikmat musik akan mendapatkan lebih banyak lagi kreatifitas olahan musik anak bangsa, dan memajukan musik Indonesia melalui perkembangan yang ada.

(Isa)

Related Posts