Lomba Tilawatil sebagai Bentuk Cinta Al-quran

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan lomba baca Al-quran dengan qira’at yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian Islam Politeknik Negeri Malang (Rispol) sebagai salah satu rangkaian acara Dies Natalis Polinema ke-35, Sabtu (08/04). Adapun tujuan diadakannya acara ini adalah menanamkan kecintaan terhadap Al-Qur’an serta menyiapkan kader-kader untuk lomba MTQ tingkat nasional. Di dalam lomba MTQ juga terdapat pemberian santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim. Santunan untuk kaum dhuafa berupa uang, sarung, dan mukena. Sedangkan santunan untuk anak yatim berupa uang, alat tulis, dan susu.

Lomba MTQ terdiri dari 4 cabang lomba, diantaranya adalah Tilawatil Qur’an,  Tartil Qur’an, Hifdzil Qur’an, dan Khottil. Tilawatil Qur’an yaitu membaca Al-Quran dengan jelas dan fasih agar lebih mudah untuk memahami makna yang terkandung di dalamnya. Tartil Qur’an adalah membaca Al-Qur’an dengan perlahan dan berhati-hati agar jelas setiap huruf yang dilafadzkan. Hifdzil Qur’an adalah menghafal Al-Qur’an dengan bacaan murattal dan menggunakan qira’at. Khottil adalah menulis Al-Qur’an yang menekankan pada kebenaran dan keindahan.

Lomba MTQ dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama yakni babak penyisihan. Untuk kategori lomba Hifdzil, Tilawatil dan Tartil, tahap penyisihan diadakan pada tanggal 25-26 Maret 2017. Sedangkan tahap penyisihan kategori Khottil, Dzikir bersama dan santunan dilaksanakan pada tanggal 7 April 2017. Tahap kedua yakni grand final yang dilaksanakan pada tanggal 8 April 2017.

Fany Fatimah, peserta Hifdzil Qur’an dari prodi D4 Manajemen Pemasaran sedang membaca surat AL-Buruj dalam lomba MTQ di Masjid An-Nur Polinema , Sabtu (08/04)

Bapak Abdul Chalim, salah satu juri dalam lomba ini menuturkan bahwa ada 4 kriteria umum untuk calon pemenang kategori lomba Hifdzil, Tilawatil, dan Tartil yaitu makhraj (tempat asal bunyi/keluarnya huruf hijaiyyah yang sedang dibaca), suara, adab, dan tajwid (tata cara membaca Al-Qur’an beserta hukum-hukumnya). Sedangkan untuk kategori Khottil dilihat dari huruf hijaiyyah, keindahan dan pewarnaan kaligrafi.

Lomba Tilawatil putra dimenangkan oleh Rijal Kurnia A dari D3 Teknik Elektro, sedangkan lomba Tilawatil putri dimenangkan oleh Imelda Firdausi dari D4 Keuangan. Hifdzil putra dimenangkan oleh M. Ryan Widiantono dari D3 Teknik Kimia, sedangkan Hifdzil putri dimenangkan oleh Ulin Nuha dari D3 Manajemen Informatika. Untuk kategori Tartil putra dimenangkan oleh Saadillah Umarul Fariq dari D4 Teknik Mesin, sedangkan Tartil Putri dimenangkan oleh Nita Wahyuningtyas dari D3 Akuntansi. Kategori terakhir yaitu Khottil yang dimenangkan oleh  Uyun Al Abidah dari D3 Akuntansi.

(Wulan, Devi, Esa)

Related Posts