Mon. May 23rd, 2022

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

Launching Majalah LPM Kompen Edisi XXVIII 2021: Mengenal Lebih Jauh Kebutuhan dan Kesetaraan bagi Disabilitas

2 min read
Ken Kerta saat menyampaikan materi di Launching Majalah Cetak LPM Kompen Edisi XXVIII. (Winahyu)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Kompen mengadakan Launching Majalah Cetak LPM Kompen Edisi XXVIII pada Sabtu, (15-01). Dengan mengangkat tema “Menyelisik Kebutuhan dan Kesetaraan bagi Penyandang Disabilitas”, acara ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk menambah pengetahuan mengenai kebutuhan dan kesetaraan penyandang disabilitas di Indonesia. Launching majalah dilaksanakan secara dalam jaringan (daring)  melalui aplikasi Zoom dan dihadiri oleh mahasiswa umum, perwakilan Organisasi Kemahasiswaan Intra (OKI) Politeknik Negeri Malang (Polinema), anggota lembaga pers  mahasiswa dari kampus lain, dan masyarakat umum. Acara ini menghadirkan Kertaning Tyas yang biasa dipanggil Ken Kerta dari Paralegal Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Disabilitas Indonesia sebagai pemateri dan Yanda Maria Elsera Sinaga sebagai juru bahasa isyarat.

Acara diawali dengan beberapa sambutan dan dilanjutkan dengan penjelasan isi majalah secara garis besar oleh Via Febriati selaku Pemimpin Redaksi LPM Kompen. Selama penjelasan isi majalah terdapat juru bahasa isyarat yang ditujukan untuk membantu peserta launching penyandang tuna rungu. Selanjutnya terdapat pemaparan materi oleh Ken Kerta tentang bagaimana kebutuhan dan kesetaraan bagi penyandang disabilitas dan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan peserta. Untuk menghibur peserta dan mengulas kembali pemaparan materi yang telah diberikan, diadakan kuis berhadiah yang diikuti seluruh peserta. Kemudian, acara diakhiri dengan pembacaan pemenang kuis dan teka-teki silang (TTS) Majalah Cetak LPM Kompen Edisi XXVIII.

Keseluruhan acaraLaunching Majalah Cetak LPM Kompen Edisi XXVIII berjalan lancar dan tanpa kendala yang berarti. “Menurut saya acara berjalan dengan lancar, peserta menunjukkan antusiasmenya melaluikeikutsertaan dalam sesi tanya jawab dan diskusi,” ujar Alvira Dewi Septyan selaku koordinator lapangan (korlap) acara. Hal senada juga dilontarkan oleh peserta, “Kalau secara keseluruhan acaranya lancar dan saya tidak merasa acaranya molor dari jadwal,” ujar Sintiya Febriani peserta dari Universitas Trunojoyo Madura. Tetapi, ada beberapa catatan yang diberikan peserta berkaitan dengan publikasi dan tata tertib yang dinilai kurang. “Saya jam 08.00 baru mendaftar karena diberi tahu oleh anggota LPM Kompen, jadi menurut saya publikasinya masih kurang. Lalu aturan untuk memakai virtual background (VB) dan mengaktifkan kamera itu bisa diperjelas lagi supaya yang memakai handphone dan tidak bisa menggunakan VB tidak memilih mematikan kamera. Selain itu, aturan untuk mengajukan pertanyaan kembali mungkin bisa lebih diperjelas,” ujar Sintiya.

(Dian,Winahyu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.