Kimi no Na wa; “Anata wa … Dare?” *

Poster Anime Kimi no Na wa (Your Name) karya terbaru Makoto Shinkai

Poster Anime Kimi no Na wa (Your Name) karya terbaru Makoto Shinkai

Kimi no Na wa (Your Name) merupakan karya terbaru Makoto Shinkai setelah Kotonoha no Niwa (Garden of Words). Anime berdurasi 106 menit ini rilis pada 26 Agustus 2016 dengan seiyuu (pengisi suara) utama Mone Kamishiraishi (Mitsuha) dan Ryunosuke Kamiki (Taki) sebagai pasangan pemeran utama. Dinaungi CoMix Wave, sejumlah nama seperti Kadokawa Shoten, Toho Company, Lawson HMV Entertainment, Amuse, serta East Japan Marketing & Communications turut menjadi produser. Kimi no Na wa terus meroket, baik itu anime, novel, mau pun original sound track (ost) dari Radwimps. Dilansir dari Myanimelist.net, skor sementara Kimi no Na wa adalah 9,4 dari 10, mengalahkan Fullmetal Alchemist dan Gintama. Dalam tiga hari pertama, 1,3 miliar yen telah sukses dikantongi.

Anime ini bercerita tentang komet langka, Taki Tachibana di Tokyo, dan Mitsuha Miyamizu di desa pelosok bernama Itomori. Mereka menemukan diri bertukar tubuh setiap bangun tidur secara acak. Untuk menjaga identitas masing-masing, mereka saling meninggalkan pesan. Sayang setelah komet langka melintas, mereka tidak pernah lagi bertukar tubuh. Beberapa tahun kemudian, Taki hendak menemui Mitsuha ke Itomori … namun desa asri tersebut tinggal puing akibat hantaman komet tiga tahun sebelum Taki mulai ‘bermimpi’, Mitsuha termasuk dalam korban jiwa. Terungkaplah perbedaan waktu antara Taki dan Mitsuha. Tiga tahun sebelumnya, Mitsuha pernah menemui Taki–yang pada saat itu belum mengenalnya ke Tokyo. Gelang yang kini melingkar di tangan kaki juga adalah pemberian Mitsuha. Taki ingin menyelamatkan Mitsuha walau harus berusaha mengubah garis takdir.

Seperti karya-karya emas Makoto Shinkai yang lain, Kimi no Na wa menyentuh perasaan banyak orang. Misalnya adegan Taki dan Mitsuha pertama bertemu di kataware-doki. Di akhir kataware-doki mereka ingin saling menuliskan nama untuk mengantisipasi bila ingatan terhapus, namun Mitsuha hanya sempat menulis satu goresan dan Taki malah menulis “Aku menyukaimu”. Mitsuha mendekap tangannya sambil menangis, “Jika seperti ini, bagaimana aku bisa mengetahui namamu”. Alurnya sulit ditebak, keindahan visualnya tidak perlu diragukan, begitu pula dengan relevansi musik pengiring. Sepintas memang ada beberapa hal yang kurang masuk akal, namun secara keseluruhan tidak mengganggu karena memang selain drama, roman, dan kehidupan sekolah, nuansa supernatural juga cukup kental.  Ditambah lagi ending Kimi no Na wa termasuk bahagia, walau pun sedikit mengingatkan pada Byousoku 5 cm (5 cm per second). Kamu kapan nonton Kimi no Na wa?. (Diatama)

* “Siapa kamu?” salah satu dialog Mitsuha yang cukup menonjol di trailer

Related Posts