Kegiatan Peserta TF-Scale III di Kota Malang

3 Peserta TF-Scale III sedang melaksanakan latihan hip hop dance di Aula Pertamina, jumat(17/03).

 

Tamasek Foundation Specialists Community Action and Leadership Exchange (TF-Scale) merupakan bentuk kerjasama antara Politeknik Negeri Malang (Polinema) dengan Republic Polytechnic dari Singapura yang bertujuan agar mahasiswa mempelajari budaya negara satu sama lain. Program kerjasama ini diadakan sejak 3 tahun silam dan dikhususkan untuk jurusan Teknologi Informasi. Pada TF-Scale III, Politeknik Negeri Riau dan Politeknik Negeri Semarang juga bergabung.

Sebanyak 25 peserta TF-Scale III dari Republic Polytechnic datang ke Malang selama dua pekan. Dimulai dari pembukaan TF-Scale III pada tanggal 8 Maret di Ruang Rapat Pimpinan Gedung AA Polinema. Sebelumnya, mahasiswa Polinema sudah mengunjungi Singapura pada bulan Oktober tahun lalu.

Peserta TF-Scale III sedang melakukan gladi bersih Closing Ceremony TF-Scale III di Aula Pertamina, Jum’at (17/03).

Selama 2 pekan di Malang, project mereka yaitu mencari sebuah masalah dan menemukan solusi dengan membuat program. Sasaran pencarian masalah untuk project mereka adalah Kebun Teh Wonosari. “Kendala yang kami hadapi selama mengerjakan project yaitu buruknya koneksi internet di Kebun Teh Wonosari sehingga kami harus mencari tempat-tempat tertentu agar mendapat sinyal internet”, ujar Florian Muljono, dosen dari Singapura.

Tidak hanya mengerjakan project, peserta TF-Scale III juga melakukan aktivitas lain seperti mengunjungi jurusan-jurusan di Polinema dan bermain bersama penyandang disabilitas di salah satu Sekolah Luar Biasa di Lawang. Tak lupa mereka menikmati keindahan Kota Malang dan sekitarnya, antara lain Gunung Bromo, Museum Angkut, dan Taman Safari Prigen. Peserta TF-Scale mengungkapkan bahwa mereka menyukai udara Kota Malang yang relatif lebih dingin dari pada Singapura. “Selain udara yang berbeda, kuliner di Indonesia juga berbeda dengan Singapura. Sebab di sini ada banyak makanan pedas seperti Ayam Nelongso. Kami akan mencipi Mie Setan jika ada waktu luang,” ujar Rushian, peserta TF-Scale dari India yang melanjutkan pendidikan di Republic Polytechnic.

Hari terakhir mereka di Malang, peserta TF-Scale III melakukan presentasi atas project yang telah dibuat, kemudian setelah melakukan presentasi mereka latihan hip hop, India dance, dan Malay dance untuk persembahan kepada audience. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi ramah tamah peserta TF-Scale III dan perwakilan mahasiswa yang telah ditunjuk oleh dosen Teknologi Informasi. Penutupan TF-Scale III di Aula Pertamina Polinema ini dimulai pada pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, Jum’at (17/03).

(fina, fifa, tyas)

Related Posts