Tue. Apr 13th, 2021

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

IT Competition 2020: Asah Kreativitas Mahasiswa melalui Game dan Poster

2 min read

Tim SBJ.DEV dari Politeknik Negeri Malang saat melakukan demo game Warisan Leluhur, Minggu (27-12).

Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HMTI) Politeknik Negeri Malang (Polinema) menyelenggarakan Informatics Technology (IT) Competition 2020. Puncak dari serangkaian kegiatan ini yaitu pada babak final dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom pada Minggu (27-12). Dengan mengusung tema “Encourage Your Creativity During a Pandemic”, Wildan Achmad Fachrurrozi selaku Ketua Pelaksana (Kapel) mengungkapkan tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk mendorong kreativitas mahasiswa. “IT Competition adalah salah satu proker yang dimiliki oleh HMTI. Nah tujuannya agar mendorong kreativitas di masa pandemi ini,” ungkap Wildan saat diwawancarai via WhatsApp.

Pada IT Competition tahun ini, terdapat dua kategori lomba yang berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya menyelenggarakan lomba website. Adapun dua kategori tersebut yaitu lomba game development dengan tema “Pendidikan” yang diikuti oleh empat tim yaitu SBJ.DEV dan Group Alpha dari Polinema, Si Edu dari Universitas Udayana, dan Creative Shark dari Politeknik Ujung Pandang. Sedangkan untuk kategori lomba desain poster yang bertemakan “Peran Teknologi Informasi pada Masa Pandemi” diikuti sebanyak tujuh peserta dari kalangan umum.

Pada kategori lomba game development, terdapat dua juri untuk menilai hasil karya finalis. Mereka adalah Putra Prima Arhandi,S.T., M.Kom, dosen Jurusan Teknik Informatika dan Amri Rizki Jabbar, Founder Game Developer Malang & Manager Magesoft. “Di presentasi ini nantinya juri akan mengkritik ataupun memberi tanggapan terkait masalah kesesuaian proposal, video dengan presentasi yang disampaikan oleh peserta,” ujar Maulana Malik, Koordinator Lapangan IT Competition 2020.

Pada sesi pengumuman pemenang, dari kategori lomba game development juara 1 diraih oleh tim SBJ.DEV dari Polinema, juara 2 oleh tim Creative Shark dari Politeknik Ujung Pandang, dan juara 3 oleh tim Si Edu dari Universitas Udayana. Sedangkan untuk lomba desain poster akan dipilih tiga karya terbaik dan dipublikasikan dua hari setelah babak final melalui laman Instagram @hmtipolinema.

Di balik suksesnya acara ini, terdapat kendala yang dihadapi, terutama masalah komunikasi antar panitia karena kegiatan ini dilaksanakan secara daring. Namun, terlepas dari kendala tersebut, Meuti Zari Annisa, salah satu finalis dari tim GroupAlpha mengaku kegiatan ini berjalan dengan lancar. “Untuk IT Competition 2020 menurut saya sudah bagus, tidak molor sama sekali, dan juga pelaksanaanya lancar. Hats off to to the committees,” imbuhnya. Sejalan dengan hal tersebut, Kapel berharap untuk kegiatan ini kedepannya dapat lebih sukses lagi dan dapat mengembangkan IT Competition dari tahun-tahun sebelumnya.

(Alivia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.