Sun. Jan 17th, 2021

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

Firma Ceria 2020, Mengulik Pentingnya Makna Hijrah

2 min read

Pelaksanaan Webinar Muslimah Nasional Firma Ceria 2020 melalui aplikasi zoom, Minggu (22-11). (Raihanah)

Forum Ilmu dan Kreativitas Muslimah Celebrate in Akbar (Firma Ceria) kembali diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian Islam Politeknik (Rispol) Politeknik Negeri Malang (Polinema) bidang keputrian, Minggu (22-11). Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaannya kali ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom yang diikuti oleh 115 peserta muslimah dari berbagai daerah di Indonesia. Acara tahunan yang diselenggarakan tiap bulan November ini bertujuan untuk menjalin ukhuwah islamiah antar muslimah dalam lingkup regional maupun nasional. Dengan mengusung tema “Hijrah Fisabilillah to be A Great Muslimah”, acara ini membahas berbagai hal tentang hijrah bagi kaum muslimah. “Tema ini untuk memberikan pemahaman makna hijrah yang sesungguhnya kepada kaum muslimah yang melakukan proses berhijrah saat ini,” ujar Dian Rahayu, selaku Ketua Pelaksana (Kapel) Firma Ceria 2020.

Nadhira Arini saat menyampaikan materi dalam acara Firma Ceria 2020, Minggu (22-11). (Raihanah)

Acara yang berlangsung pukul 08.15—11.10 WIB ini dibuka dengan sambutan Kapel  dan Ketua bidang keputrian Rispol, serta perwakilan dari Kementerian Agama (Kemenag) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Polinema. Lalu dilanjutkan dengan pemberian materi. Materi pertama disampaikan oleh Amelia Dwi Marthasari, S. AP, selaku Mentor Nasional Bidang Leadership & Entrepreneur sekaligus owner ruangwaktusenja.id, yang membahas tentang berbagai hal seputar hijrah. Materi kedua disampaikan oleh Nadhira Arini, penulis buku “Cinta Allah Bersamamu” yang membahas tentang proses berhijrah dan berdakwah sesuai dengan syariat islam. Acara dilanjutkan dengan talkshow antara moderator dan pemateri seputar tips dan trik bagi muslimah yang ingin melakukan hijrah.

Antusias peserta sangat baik saat sesi tanya jawab berlangsung, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Oktavia Dewi Suryaatmaja, selaku Koordinator Lapangan (Korlap) juga menambahkan bahwa acara sudah berjalan sesuai konsepan. Di balik antusias peserta dan kesuksesan acara ini, Korlap mengaku terdapat kendala saat acara berlangsung, terutama pada perlengkapan. Meskipun mengalami kendala, Dian berharap semoga apa yang telah disampaikan oleh pemateri bisa diterima dengan baik dan memberikan manfaat, serta bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Semoga acara kedepannya lebih baik lagi dengan pemateri yang profesional di bidangnya supaya banyak ilmu dan pengalaman yang bisa didapat dari acara tersebut,” papar Astika Pujiarti, selaku peserta Webinar Firma Ceria 2020 dari Prodi D4 Akuntansi Manajemen Polinema.

(Raihanah, Resa M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.