Tue. Nov 30th, 2021

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

Exit, Upaya Menyelamatkan Diri dari Gas Beracun

2 min read
(Sumber: Asianwiki.com)

Film “Exit” merupakan film bergenre action comedy yang mengangkat permasalahan gas beracun yang menyebar di seluruh Kota Seoul. Film “Exit” menceritakan tentang Yong-nam (Choi Jung-Seok), salah satu pemanjat tebing terbaik di perguruan tingginya namun sayangnya setelah lulus ia gagal mendapatkan pekerjaan. Film asal Korea Selatan ini digarap oleh Lee Sang-Geun dimulai pada tanggal 4 Agustus 2018 dan selesai pada tanggal 12 Desember 2018. Sejak dirilis pada tanggal 31 Juli 2019, film ini telah berhasil meraih satu juta penonton dalam waktu dua hari di Korea Selatan.

Setelah gagal mendapatkan pekerjaan selama bertahun-tahun, Yong-nam menggantungkan hidupnya kepada orang tuanya. Untuk membalas budi pada ibunya, ia ingin merayakan ulang tahun ibunya yang ke-70 di Cloud Garden, tempat mantan gebetannya bekerja yang bernama Eui-ju (Im Yoona). Tiba-tiba pada saat menikmati suasana ulang tahun, terdapat pemberitahuan tentang gas beracun yang menyebar di seluruh Kota Seoul. Untuk menyelamatkan diri, semua orang menuju atap dengan panik karena gas beracun sudah mulai bertambah tinggi. Usai semua orang berkumpul di atap, mereka segera menghubungi helikopter penyelamat yang lewat dengan sinyal SOS.

Ironisnya, Yong-nam dan Eui-ju dilarang naik helikopter sebab penyertaan mereka akan melebihi batas dari berat gondola helikopter. Lantaran gas yang semakin menyebar, mereka terpaksa membungkus diri menggunakan peralatan keselamatan yang ada. Kemudian meninggalkan Cloud Garden lantai sembilan guna mencari tempat yang lebih tinggi dengan cara memanjat gedung. Setelah keduanya mampu menemukan bangunan yang tepat untuk menyelamatkan diri, mereka segera memberi sinyal kepada helikopter lain yang lewat. Akhirnya, keduanya berhasil diangkut helikopter penyelamat dan berada di tempat yang aman. Yong-nam berlinang air mata setelah bersatu kembali bersama seluruh keluarganya. Eui-ju dan Yong-nam berhadapan untuk mengucapkan selamat tinggal dan telah setuju untuk bertemu lagi kapanpun.

Alur cerita film ini cukup ringan, meskipun tergolong film bergenre action. Namun di tengah ketegangan yang ada, masih terselip acting comedy yang natural dari para pemain melalui dialog-dialog kocak dan relate dengan kehidupan sehari-hari. Film ini cocok untuk ditonton dengan keluarga karena terdapat adegan haru didalamnya, seperti saat Yong-nam dan Eui-ju sudah ditemukan oleh helikopter, namun masih ada siswa-siswi yang terjebak saat belajar di gedung sekolah, mereka harus mengalah demi menyelamatkan anak-anak. Menjelang menit terakhir, film yang berdurasi 103 menit ini memunculkan adegan yang menggantung karena tidak ada kelanjutan bagaimana kondisi Eui-Ju, sehingga membuat penonton menjadi bingung bagaimana adegan selanjutnya.

Makna tersirat dalam film ini mengajarkan kita bahwa setiap orang setidaknya memiliki satu keterampilan krusial yang mungkin tidak cukup mahir, tetapi akan menyenangkan ketika keterampilan itu diperlukan dalam situasi darurat. Selain itu, film ini mengajarkan kita untuk berani mengambil risiko tak peduli seberat apapun tantangan yang akan dihadapi.

(Laras Wulansari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.