Elcreament, Satu Langkah Efektif menuju Pimnas 2017

Bagaimana persiapan mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) untuk menghadapi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2017? Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Polinema memiliki langkah efektif untuk menghadapi PIMNAS, yaitu dengan menyelenggarakan Electro Creative Tournament (Elcreament) 2017. Elcreament merupakan sebuah perlombaan Karya Tulis Ilmiah yang rutin diadakan setiap tahun. Elcreament bertujuan untuk menggali dan melatih kreativitas mahasiswa Polinema dalam pembuatan KTI menjelang Pimnas yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

Bertempat di Auditorium Gedung AH, tahap final Elcreament tahun ini diselenggarakan pada Rabu, 31 Juni 2017. Dengan mengangkat tema “Improve Your Creativity And Innovation For Brighter Future”, Elcreament 2017 mempunyai dua kategori, yaitu bidang kewirausahaan dan teknologi. Pengiriman proposal dibuka sejak tanggal 15-25 Mei 2017 tanpa biaya pendaftaran. Dari 13 peserta yang mengirim KTI, terpilih 10 peserta yang memenuhi kriteria penilaian, masing-masing lima dari bidang teknogi dan kewirausahaan. Kriterianya adalah kesesuaian format penulisan berdasarkan syarat Dikti dan keorisinilan judul. Perserta yang lolos tahap seleksi berhak mempresentasikan ide gagasan mereka dalam tahap final. Peserta presentasi diacak secara bergantian antara bidang kewirausahaan dan teknologi.

Bapak Supriatna berfoto bersama para pemenang Elcreament 2017 bidang Kewirausahaan dan Teknologi, Rabu (31/05)

Kriteria yang diberikan oleh juri berbeda untuk setiap bidang. Kriteria diadopsi dari kriteria Dikti untuk Pimnas. Peserta bidang kewirausahaan harus kreatif, produk atau usaha yang diangkat harus memiliki daya saing yang tinggi di pasaran, dan format penulisan KTI harus tepat. Tidak jauh beda, peserta bidang teknologi juga harus memiliki kreativitas yang tinggi, format penulisan KTI harus tepat, dan efisiensi ide untuk direalisasikan dalam masyarakat. Setiap tim diberi mempresentasikan KTI selama 10 menit dan lima menit untuk menjawab pertanyaan dari juri.

Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, diambillah pemenang dari masing-masing bidang. Untuk bidang kewirausaahan, juara pertama dimenangkan oleh tim Ran 2 dengan ide “DINGPUT (Puding Sruput)” dan juara dua dimenangkan oleh tim Bismilah Berjaya dengan ide “LORJAVA (Telur Jamur Lava). Sedangkan bidang teknologi, juara pertama dimengkan oleh tim Bismillah dengan ide “SMARFAM (Smart Safety Riding Armband)” dan juara kedua dimenangkan oleh Piecier dengan ide ”Pemanfaatan Lapangan Futsal Sebagai Pemanen Listrik Berbasis Prezuelektrik”.
(Dimas, Nia)

Related Posts