Di Balik Perbedaan Jadwal UAS di Polinema

Sumber :  www.arthabuana.ac.id

Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan salah satu momen krusial dalam bidang pendidikan. Berbicara mengenai UAS, pelaksanaan UAS di Politeknik Negeri Malang (Polinema) berbeda antar jurusan. Perbedaan jadwal UAS ini menyebabkan jadwal libur yang berbeda pula.

Kalender akademik Polinema tahun ajaran 2016-2017 menunjukkan bahwa UAS seharusnya dilaksanakan pada 09 Juli hingga 13 Juli. Faktanya, tidak semua jurusan mengikuti jadwal yang tertera. Jurusan Teknologi Informasi mengadakan UAS sebelum hari raya Idulfitri. Jurusan Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Administrasi Niaga mengadakan UAS di minggu pertama sesudah libur Idulfitri. Sementara itu, UAS jurusan Akuntansi terkesan paling akhir karena baru diadakan di minggu kedua sesudah libur Idulfitri.

Perbedaan ini sempat mengundang pertanyaan civitas akademika, contohnya adalah Fatimatul Zahra dari program studi D4 Akuntansi Manajemen. Menanggapi pertanyaan-pertanyaan tersebut, Dr. Dra. Kurnia Ekasari, Ak.,MM selaku Kepala Jurusan (Kajur) menjelaskan bahwa waktu UAS jurusan Akuntansi tidak melenceng dari kalender akademik. Ujian praktik Akuntansi dilaksanakan pada 10-14 Juli bertepatan dengan UAS teori jurusan lain. Kemudian UAS teori jurusan Akuntansi diadakan di minggu berikutnya, tepatnya tanggal 17-21 Juli. Pertimbangan lain adalah faktor psikologis mahasiswa dan kesiapan materi sehingga minggu-minggu mendekati UAS masih difokuskan pada materi perkuliahan.

“Pelaksanaan UAS yang berbeda serta adanya improvisasi masing-masing Kajur berisiko menimbulkan rasa iri di kalangan mahasiswa,” ujar Drs. Futuh Handoyo, M.Pd, dosen jurusan Akuntansi. Setiap keputusan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, namun tentu juga beralasan.

(Iwan, Qolbil, Diatama)

Related Posts