Cintai Diri dan Sesama dengan Donor Darah

Sumber : http://2.bp.blogspot.com/-qso2uJM6AXs/VdR4y_TtaCI/AAAAAAAADeA/MeKyYxa-lW0/s1600/ayo-donor-darah.png

Sumber : http://2.bp.blogspot.com/-qso2uJM6AXs/VdR4y_TtaCI/AAAAAAAADeA/MeKyYxa-lW0/s1600/ayo-donor-darah.png

Kegiatan Donor Darah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bhakti Karya Mahasiswa (BKM) Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang bertemakan“Share Your Love with Your Blood” memang sudah berlalu, namun masih ada pola pikir negatif beberapa civitas akademika Polinema mengenai donor darah. Salah satu mahasiswa yang kami temui menyatakan keengganannya untuk mendonorkan darah dengan alasan takut tekanan darahnya menjadi rendah. Sedangkan di sisi lain nilai defisit kantong darah di Indonesia cukup memprihatinkan. Dalam peringatan Hari Donor Darah Sedunia (02/06), kepada harianterbit.com Menteri Kesehatan Indonesia, Nila F. Moeloek memaparkan bahwa Indonesia baru memenuhi sekitar 4,6 juta dari kebutuhan 5,1 juta kantong darah. Nah, Kompeners … stigma semacam itu perlu diubah, karena donor darah bermanfaat bagi diri kita dan orang lain lho.

Ada beberapa persyaratan pendonor darah, di antaranya adalah sehat, berat badan minimal 50 kg, rentang usia 17-60 tahun, tidur cukup, tidak mengonsumsi obat, dan tidak sedang haid, hamil, atau menyusui. Sebelum peserta mendonorkan darahnya, berat badan mereka ditimbang, lalu dilakukan tes dan tekanan darah. Sebenarnya donor darah tidak berbahaya, asalkan persyaratan terpenuhi. Meski tak bisa dipungkiri, pada beberapa orang dapat terjadi sedikit efek samping seperti pusing dan mual terutama saat donor darah pertama.

Hasil penelitian American Journal of Epidemology membuktikan bahwa pendonor darah aktif cenderung berisiko 88% lebih rendah mengalami penyakit jantung. Karena rutin mendonorkan darah menstabilkan kadar zat besi yang dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Bagi kaum hawa, rutin mendonorkan darah juga dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi kaena dinding rahim telah mendapatkan pasokan darah baru, yang lebih bersih dan lebih sehat. Dampak positif lain yaitu donor darah baik bagi kesehatan kulit, ampuh membakar kalori, dan menurunkan risiko kanker. “Setelah mendonorkan darah, badan terasa segar,” komentar Firhan Alfathan Akbar, mahasiswa Teknik Kimia Polinema yang pernah mendonorkan darah.

Ilya Azmala selaku ketua pelaksana Donor Darah BKM menjelaskan bahwa rasa kemanusiaan membuat manusia dapat mencintai sesama. Kendati belum saling mengenal, mendonorkan darah dapat menjadi bukti walau kadang terhalang oleh ketakutan mendonorkan darah. Kompeners …, saat kita takut, di luar sana ada saudara kita yang membutuhkan pasokan darah. Kita bisa membagi beberapa lembar uang, mereka bisa menepis lapar. Tetapi dengan membagi beberapa tetes darah, bisa membantu mereka bertahan hidup. Seperti perkataan Bunda Theresa, “A life not live for others is not a life”. Jika kita bisa membantu, mengapa harus takut?

 

(Diatama, Rizal Eko, Mursyid Tamam)

Related Posts