Bersama Menimba Ilmu dalam Safari Ramadhan

Astra Honda Motor bekerja sama dengan Politeknik Negeri Malang (Polinema) menyelenggarakan acara Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng di lapangan Mini Soccer Polinema, Jumat (02/06). Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng merupakan acara rutin budayawan Emha Ainun Najib (Cak Nun) yang dilaksanakan dalam rangka Safari Ramadhan. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Polinema menjadi panitia dalam hal penyambutan acara, dengan Muhammad Idrus sebagai ketua pelaksana. Acara bertema “Berat Hati dan Tidak Tegaan” ini bertujuan untuk memperluas kebudayaan Islam di masyarakat modern.

Tidak hanya mahasiswa Polinema, masyarakat umum juga diperbolehkan mengikuti acara. Acara dimulai sekitar pukul 20.00 sampai 02.30 WIB yang meliputi materi dan pertunjukan musik khas Kiai Kanjeng, salah satunya adalah lagu Fixing You dari Coldplay. Selain lengkapnya personil Kiai Kanjeng, kali ini Anne Rasmussen, entomusikolog asal Virginia, Amerika Serikat, memainkan alat musik gambus. Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kota Malang juga memaparkan ancaman laten narkotika terhadap generasi muda.

Grup Musik Kiai Kanjeng menyanyikan lagu Cold Play yang berjudul “Fix You”, Jumat(02/06)

Beberapa poin yang dijelaskan Cak Nun yaitu pentingnya menempatkan diri serta menunjukkan kasih sayang dan kelembutan, alih-alih kekerasan dan kekuasaan. Hal ini disebabkan oleh maraknya fenomena berekspresi dan mengutamakan eksistensi tanpa tinjauan kontekstual yang mendalam. “Milikilah pikiran dan hati yang luas! Jangan mudah menyimpulkan, menuding, mengkafirkan, apalagi merasa menjadi Tuhan!” pesan Cak Nun.

(Dian, Safa, Rifky)

Related Posts