Mon. May 23rd, 2022

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

Bersama Ekstrakurikuler Jurnalistik MAN 2 Kota Malang, LPM Kompen Gelar Pelatihan Jurnalistik 2021

2 min read

Adinda Nur Sabhrina dan Alvira Dewi Septyan saat menjelaskan materi reportase dan kepenulisan kepada siswa MAN 2 Kota Malang. (Syahbil)

Pelatihan Jurnalistik merupakan program kerja Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Kompen yang dilaksanakan sekali setiap periodenya. Acara yang mengangkat tema “Membangun Jurnalis Muda yang Kritis dan Berkualitas” ini diselenggarakan pada 18 Desember 2021 di Aula PSBB Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang secara luar jaringan (luring). Pada tahun ini, Pelatihan Jurnalistik diikuti oleh 26 anggota ekstrakurikuler jurnalistik D’journ MAN 2 Kota Malang. Diana Fatmawati selaku Ketua Pelaksana (Kapel) Pelatihan Jurnalistik LPM Kompen 2021 menuturkan, “Tujuan diadakannya Pelatihan Jurnalistik adalah membagikan pengetahuan dalam bidang Jurnalistik, seperti ilmu fotografi dan menulis berita yang disertai dengan praktik.”

Acara Pelatihan Jurnalistik dimulai dengan penyampaian materi oleh Raihanah Aulya Kusumaputri mengenai fotografi jurnalistik yang meliputi jenis fotografi jurnalistik, perbedaan fotografi jurnalistik dengan foto artisitik, cara membuat caption, dan sub-materi yang lain. Kemudian acara dilanjut dengan materi reportase dan kepenulisan yang disampaikan oleh Adinda Nur Sabhrina dan Alvira Dewi Septyan. Pada materi ini, peserta diajarkan mengenai tata cara wawancara dan menulis berita. Guna mengimplementasikan materi yang telah disampaikan, para peserta juga diarahkan untuk melakukan praktik wawancara, fotografi, dan menulis berita secara berkelompok. Di akhir acara, terdapat ice breaking berupa game yang bertujuan untuk mencairkan suasana. Tak hanya itu, dalam acara ini terdapat pemberian hadiah kepada pemenang game dan kelompok dengan artikel terbaik.

Berbagai respon positif mengenai acara datang dari salah satu peserta yaitu Nadja Aura, “Acara Pelatihan Jurnalistik ini sangat seru, apalagi waktu sesi quiz kahoot dan tebak-tebakan riddle,” Selain merasakan keseruan dari game yang diberikan, peserta juga mendapatkan pengalaman dan hal baru dari acara ini. “Acara ini memberi saya banyak ilmu baru, terutama waktu sesi praktik kepenulisan,” tambah Nadja. Selain itu, muncul berbagai harapan dari peserta dan panitia. Diana selaku Kapel berharap agar acara tahun depan lebih meriah, dapat mengundang narasumber yang ahli di bidangnya, serta dapat mengundang peserta dari berbagai kalangan bahkan sampai masyarakat umum. Selain itu, Nadja sebagai peserta juga turut menyampaikan harapan, “Semoga kakak-kakak selalu semangat membagikan ilmu ke teman-teman yang lain dan sesuai dengan tema Pelatihan Jurnalistik tahun ini yaitu demi membangun jurnalis muda yang kritis dan berkualitas”.
(Laras, Nikma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.