Basmi Corona, Seluruh Area Polinema Disemprot Disinfektan

Petugas lapangan sedang melakukan proses penyemprotan cairan disinfektan di Gedung AD Lantai 2, Sabtu (21-03). (Faizah)

Menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Nomor 25/DIR/TU/2020 tanggal 15 Maret 2020 tentang Pencegahan Infeksi COVID-19 di Politeknik Negeri Malang (Polinema), Pembantu Direktur (Pudir) II menerbitkan Nota Dinas Nomor: 032/Pudir II/RT/2020 yang berisi jadwal penyemprotan cairan disinfektan. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 20–22 Maret 2020 di seluruh area Polinema. Tujuan penyemprotan cairan disinfektan adalah mencegah terjadinya penularan COVID-19 dan menciptakan lingkungan kampus yang steril, bersih, dan bebas virus.

Terdapat dua tahap dalam penyemprotan ini. Pertama, tahap penyemprotan cairan disinfektan yang bertujuan untuk mensterilkan ruangan dari virus-virus COVID-19. Cairan yang digunakan adalah cairan disinfektan yang memiliki kandungan alkhohol dan sudah memenuhi standar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kedua, tahap fogging atau pengasapan, sebagai langkah penanganan nyamuk Demam Berdarah (DBD).

“Penanggulangannya ada 2 teknik. Yang pertama, penyemprotan disinfektan dengan teknik mixing yaitu  pengembunan yang dilakukan untuk area indoor. Yang kedua yaitu teknik fogging atau pengasapan dikhususkan untuk area outdoor. Tahap ini mampu mencapai daerah yang sulit dicapai, dedaunan yang lebat, dan tanaman merambat,” ujar M Syaiful Amin selaku Manajer Operasional di CV. Akhdan Cleaning Complete (ACC) yang menangani penyemprotan.

Petugas lapangan sedang melakukan proses fogging di Lapangan Kantor Pusat Polinema, Sabtu (21-03). (Via)

Untuk melakukan penyemprotan ini, Polinema mengadakan kerjasama dengan CV. ACC. Tugas ini dilaksanakan oleh 12 orang sebagai koordinator dan 25 orang bertugas di lapangan. Terdapat 5 tim dengan masing-masing tim terdiri dari 4 orang bagian penyemprotan disinfektan dan 1 orang bagian fogging, “Sebelumnya kami bekerja sama dengan Polinema untuk menangani bidang kebersihan dan perawatan gedung. Namun, sekarang juga diberi amanah untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan fogging,” tutur Amin.

 

(Amyrah, Faizah, Via)

 

Related Posts