Asah Bakat dalam Dunia Radio, PL FM Rutin Gelar Open Air

Juara 1, 2, dan 3 Action saat berfoto bersama Kapel Open Air 2019 dan Direktur UKM Radio Kampus PL FM, Sabtu (16-10). (Rinda)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Radio Kampus Politeknik (PL) FM Politeknik Negeri Malang (Polinema) menyelenggarakan serangkaian Open Air 2019, dengan mengusung tema “Beat Your Fear and Show The World Your Colour”. Open Air merupakan progam kerja rutin terbesar UKM Radio PL FM yang menyajikan serangkaian kegiatan, seperti kompetisi Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG), Workshop and Announcer Competition (Action), dan Awarding Night sebagai puncak acara. Workshop and Action bertujuan untuk melatih, serta membangkitkan generasi milenial agar berani berbicara di depan umum dan mempunyai rasa keinginan untuk mendengarkan radio. “Maksud dari tema tersebut adalah mengalahkan rasa takut untuk menghadapi berbagai kompetisi (yang digelar), serta menunjukkan bakat dalam diri masing-masing peserta,” ungkap Putri Ayu Zartika, selaku Ketua Pelaksana (Kapel) Open Air 2019. Berbeda dengan Open Air tahun sebelumnya yang diadakan dalam lingkup Jawa Timur, Open Air tahun ini diselenggarakan dalam lingkup nasional.

Serangkaian acara terdiri dari kompetisi PUBG, Workshop and Action, dan Awarding Night yang diselenggarakan dalam waktu dan tempat yang berbeda. Kompetisi PUBG diadakan tanggal 9–10 November 2019 secara online dan offline. Berbeda halnya dengan lomba PUBG, pendaftaran Action dibuka tanggal 26 Agustus sampai 8 November 2019. Guna menyukseskan Action, terdapat tiga juri sebagai tim penilai, di antaranya Rulli Suprayugo, selaku announcer Radio Republik Indonesia (RRI) Malang, Andrew Juliant, selaku announcer Era Bimasakti Selaras (EBS) Surabaya, dan Vianney Nana, selaku Founder ARTV School of Public Speaking. Sebanyak dua puluh peserta yang lolos seleksi Action kemudian menghadiri Workshop and Action pada tanggal 16 November 2019 di Gedung Sipil Lantai 8, Polinema. Dalam acara ini juga dihadiri kurang lebih enam puluh peserta yang berasal dari pelajar SMA, mahasiswa, dan masyarakat umum berbagai kota, di antaranya Surabaya, Gresik, Madura, Ponorogo, Bandung, Jakarta, dan Bali. Awarding Night yang diselenggarakan pada tanggal 16 November 2019 di Graha Theater Polinema, menjadi puncak serangkaian Open Air 2019. Acara ini dimeriahkan oleh Guest Star, yaitu Marigold, ditambah lima penampilan band, di antaranya Last Heart, Holysix, Bata Putih, Three Phase, dan Ajul X Kopi Hitam. Selain penampilan Guest Star dan band, terdapat pengumuman juara Action. Ada beberapa kategori juara, di antaranya announcer ter-fun and funky, announcer ter-kreatif dan announcer ter-informatif, serta pengumuman juara 1, 2, dan 3.

Penampilan band Last Heart sebagai pembuka Awarding Night dalam serangkaian acara Open Air 2019, Sabtu (16-10). (Rinda)

Di balik meriahnya Awarding Night sebagai penutup serangkaian Open Air 2019, menurut Prayuda Susanto,  Koordinator Lapangan, keseluruhan acara sudah berjalan dengan baik, terutama dari pihak sponsorship dan media partner. Selain itu, dari peserta terlihat antusias mengikuti serangkaian Open Air 2019. Sejalan dengan hal tersebut, Amimatun Hasanah, mahasiswa dari Universitas Negeri Malang peserta Action, berpendapat bahwa kompetisi ini dapat mengasah kemampuannya. “Semoga peserta dan peminat di bidang radio semakin banyak,” harap Prayuda.

 

(Rinda, Sinta, Sugeng)

Related Posts