Tue. Nov 30th, 2021

LPM Kompen

Katakan yang Benar Walau itu Getir

Among Us, Serunya menjadi Detektif dan Tukang Fitnah

3 min read

Tampilan utama game Among Us. (Yurischa)

Among Us telah menjadi game yang digandrungi berbagai kalangan karena gamenya yang kocak, unik, dan interaktif. Dengan aturan main yang sederhana, game ini sering disebut sebagai game perusak pertemanan karena mengharuskan pemainnya untuk membunuh, menuduh, dan menyamar. Apabila kalian stres dan jenuh berdiam diri di rumah saat pandemi, game ini bisa menjadi solusinya.

Game Among Us 2 dimensi (2D) ini dikembangkan oleh studio permainan asal Amerika Serikat, InnerSloth. Melansir dari hybrid.co.id, pada Agustus 2018, total unduhan dari game Among Us bahkan tidak mencapai 1.000 kali unduhan. Namun, game ini menjadi viral karena unggahan para Youtuber gaming yang memainkan di channel Youtubenya. Bahkan popularitasnya meningkat tajam pada pertengahan 2020 dengan unduhan lebih dari 100 juta unduhan di aplikasi Google Playstore. Game ini tersedia gratis untuk pengguna Android dan iOS. Namun, anda perlu membayar untuk versi komputer (PC). Game ini juga sudah didukung fitur crossplay yang memungkinkan untuk pengguna komputer bermain dengan pengguna handphone.

Fasilitas memilih warna karakter dan aksesori yang diinginkan pada awal permainan. (Resa M)

Game ini dapat dimainkan secara individu ataupun tim hingga sepuluh orang pemain secara bersamaan. Apabila bermain secara lokal, masuk menu local dan pilih create game. Lalu, anda sudah menjadi host dan bisa menentukan peta, jumlah impostor, dan banyaknya pemain. Sedangkan jika bermain secara online, masuk menu online dan pilih create game, dari situ anda bisa mendapat code room untuk dibagikan kepada teman anda. Kemudian anda juga dapat memilih public untuk bermain dengan player di belahan dunia lain.

Keunikan utama dari game ini adalah permainannya. Saat permainan dimulai, pemain akan terpilih secara acak untuk menjadi impostor, sedangkan sisanya adalah crewmate. Crewmate bertugas menyelesaikan misi yang ada di sekeliling peta, mengidentifikasi impostor, dan menyingkirkan mereka dengan sistem voting. Sedangkan impostor dapat menyamar menjadi crewmate  namun mampu membunuh crewmate, menyabotase tugas crewmate, dan dapat menuduh pemain lain sebagai impostor saat proses vote, tentu masih berpura-pura sebagai crewmate. Jadi, dapat diibaratkan bahwa impostor adalah karakter penipu atau tukang fitnah. Sensasi menjadi impostor menjadikan Among Us menjadi seru dan ramai, karena saat menjadi impostor, anda dapat menuduh dan membunuh secara diam-diam tanpa ketahuan.

Hasil voting untuk menentukan dan menyingkirkan impostor. (Resa M)

Selagi mencari siapa impostor, setiap crewmate harus menyelesaikan daftar misi mereka, seperti mengisi bahan bakar pesawat, memperbaiki kelistrikan, memproses data, dan banyak lagi. Selama game berlangsung, komunikasi hanya dapat dilakukan pada rapat darurat untuk menentukan siapa yang harus dikeluarkan dari pesawat. Disinilah kemampuan berbohong seorang impostor dan kemampuan detektif crewmate diuji. Setelah proses diskusi, terdapat waktu bagi pemain melakukan vote untuk memilih impostor. Pemain dengan vote terbanyak akan dikeluarkan dari permainan. Namun, anda juga bisa melakukan skip vote jika informasi kurang lengkap. Game akan berakhir ketika semua player telah mati dan hanya tersisa impostor, atau ketika kalian membunuh impostor.

Among Us dimainkan dengan latar pesawat luar angkasa dan karakter astronaut. Terdapat tiga peta permainan, di antaranya; pesawat ruang angkasa (The Skeld), gedung markas (Mira HQ), pangkalan planet (Polus). Setiap karakter memiliki bentuk lonjong kecil yang menjadikannya unik dan lucu. Apalagi dengan beragam perpaduan aksesori, seperti wig, topi, topeng, skin, dan lain sebagainya. Pemain bebas memilih warna karakter pada awal permainan. Di samping itu, pemain tentunya juga bisa memilih dan membeli aksesori yang lebih beragam, tentunya dengan biaya tambahan. Namun, anda harus tetap waspada, karena karakter yang lucu ini mungkin adalah sang impostor.

Nah, itu dia serba serbi dan cara bermain game yang belakangan ini sedang ramai dimainkan, Among Us. Bagaimana, anda tertarik untuk memainkannya?(Resa Mahendra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.