Ajang Mengenal Budaya Jepang lewat J-Chosokai 2

Japan Corner merupakan komunitas Bahasa Jepang Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang bertempat di gedung AW. Tahun ini, Divisi Kebudayaan Japan Corner Polinema kembali merealisasikan program kerja J-Chosokai. J-Coshokai merupakan acara festival budaya Jepang, mulai dari bazar makanan, musik, hingga dance ala Jepang. Festival ini pertama diadakan pada 4 Juni 2016 di Graha Polinema.

Jika tahun lalu konsep acara yang diusung adalah “Haru no Sakura” (Sakura Musim Semi), kali ini bunga-bunga yang bersemi telah indah bermekaran dalam “Utsukushii Hana”, Sabtu (07/05). Dengan harga tiket sama seperti tahun lalu yaitu Rp. 10.000,00 dan tempat yang lebih sempit yaitu Aula Pertamina, antusiasme pengunjung tetap melonjak. Tahun lalu pengunjung berkisar 200 orang, sedangkan tahun ini pengunjung melebihi 500 orang yang menjadi target panitia.

Cosplayer Rin dan Kakashi berfoto di depan banner J-Coshokai 2, Minggu (07/05).

Selain stand bazar aneka makanan, minuman, atau merchandise, terdapat pula penampilan seperti Crime Buster Band, Hyaku Shiki, dan JAV Guitar. Tak lupa pada J-Chosokai 2 ada lima kategori lomba, yaitu Coswalk (lomba cosplay dengan menggunakan metode catwalk), Dance Cover (modern Japan dance), Fotografi, Fanart (lomba menggambar maskot) dan esai tentang Jepang. Lomba dance cover bergantian dengan penampilan band. kemudian dilanjutkan dengan lomba Coswalk. Untuk lomba fotografi dimulai dari open gate pukul 10.00 hingga 19.00 WIB. Sedangkan waktu pengumpulan fanart pada 24 Maret sampai 30 April dan esai sejak 20 Februari hingga 30 April.

Hasil lomba Coswalk adalah juara pertama dimenangkan oleh Nanda Krist, juara kedua dimenangkan M. Yusuf, dan juara ketiga oleh Ryan Okri. Dari perlombaan dance cover, juara pertama adalah grup Fibeats, juara dua dimenangkan oleh grup HT One, dan juara ketiga adalah grup A minus. Lomba Fanart dimenangkan oleh Rima dan Hanifa, sedangkan esai dimenangkan oleh Panda. Berkaitan dengan jalannya acara dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB, Yola, pengunjung dari D3 Akuntansi Polinema mengungkapkan, “Acara ini sudah sesuai dengan ekspektasi pengunjung. Panitianya ramah dan acara yang berjalan menarik.”

 

(Esa, Fina, Wulan)

 

Related Posts