8 Kecerdasan Majemuk Manusia

Ilustrasi: http://assets.hai-online.com/media/embed/814247-0-multiple-intelligences-learning-styles.jpg

Ilustrasi: http://assets.hai-online.com/media/embed/814247-0-multiple-intelligences-learning-styles.jpg

Manusia memiliki kecerdasan masing-masing dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebagian orang mampu menganalisa suatu permasalahan dan membuat sebuah solusi ke depan, ada pula yang mampu mengolah kata menjadi karya indah. Setiap manusia pada umumnya memiliki beberapa kecerdasan, meskipun biasanya hanya satu yang menonjol. Dr Howard Gardner, seorang psikolog dan profesor neuroscience dari Universitas Harvard, mengembangkan teori Multiple Intelligence atau bisa disebut dengan Kecerdasan Majemuk pada tahun 1983 dimana dia membagi kecerdasan manusia ke dalam delapan macam. Kedelapan kecerdasan tersebut diantaranya: Linguistik, Matematis Logis, Spasial, Kinestetik Tubuh, Musikal, Interpersonal, Intrapersonal, dan  Naturalis. Jasmine (2007: 5) menjelaskan bahwa “Teori tentang Kecerdasan Majemuk  adalah salah satu perkembangan paling penting dan paling menjanjikan dalam pendidikan saat ini”.

  1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan Linguistik merupakan kemampuan seseorang dapat mengolah kata, baik secara tulisan maupun lisan. Shearer (2004 : 4) menjelaskan bahwa “Ciri utama dari kecerdasan bahasa meliputi kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif dalam membaca, menulis, dan berbicara. Keterampilan berbahasa penting sekali untuk memberikan berbagai penjelasan, deskripsi, dan ungkapan ekspresif”. Banyak orang yang memiliki kecerdasan ini berprofesi menjadi penyair, penulis, wartawan, editor, ataupun pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata.

  1. Kecerdasan Matematis Logis

Seseorang yang mampu mengolah angka dan dapat memecahkan permasalahan dengan pemikiran logis merupakan pengertian dari Kecerdasan Matematis Logis. Shearer (2004 : 4) menyatakan bahwa “Kecerdasan logika-matematika meliputi keterampilan berhitung juga berpikir logis dan keterampilan pemecahan masalah”. Ilmuwan, programmer, ahli matematika adalah sebagian besar profesi yang banyak digeluti pemilik kecerdasan ini.

  1. Kecerdasan Spasial

Kemampuan seseorang dalam memersepsikan dunia visual secara tepat dan mentransformasikannya terhadap persepsi awal. Gardner (2003 : 173) mengakui bahwa “Pusat bagi kecerdasan ruang adalah kapasitas untuk merasakan dunia visual secara akurat, untuk melakukan transformasi dan modifikasi terhadap persepsi awal atas penglihatan, dan mampu menciptakan kembali aspek dari pengalaman visual, bahkan sampai pada ketidakhadiran dari stimulus fisik yang berhubungan dengan pengalaman visualnya”. Profesi yang banyak diemban orang yang memiliki kecerdasan ini adalah desainer, fotografer, arsitek.

  1. Kecerdasan Kinestetik Tubuh

Merupakan keahlian dalam penggunaan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan. Shearer (2004 : 5) menjelaskan bahwa “Kecerdasan kinestetik menyoroti kemampuan untuk menggunakan seluruh badan (atau bagian dari badan) dalam membedakan berbagai cara baik untuk ekspresi gerak (tarian, akting) maupun aktivitas bertujuan (atletik)”. Profesi yang digeluti diantaranya aktor, atlit, penari, dan sebagainya.

  1. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan ini adalah kemampuan seseorang dalam mengolah bentuk-bentuk musikal dengan mengubah, membedakan, mengekspresikan, dan memersepsikannya. Shearer (2004 :  4) menjelaskan bahwa, “Kecerdasan musikal meliputi kepekaan terhadap tangga nada, irama, dan warna bunyi (kualitas suara) serta aspek emosional akan bunyi yang berhubungan dengan bagian fungsional dari apresiasi musik, bernyanyi, dan memainkan alat musik”. Sebagian besar profesi dari orang yang memiliki kecerdasan ini adalah komposer, penyanyi, pemusik.

  1. Kecerdasan Interpersonal

Berkebalikan dengan Kecerdasan Intrapersonal, kecerdasan ini merupakan kemampuan seseorang untuk memahami, memersepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, serta perasaan orang lain. Shearer (2004: 6) menyatakan bahwa “Kecerdasan interpersonal mendorong keberhasilan seseorang dalam mengatur hubungan antar individu. Dua keterampilan pokok itu merupakan kemampuan untuk mengenali dan menerima perbedaan antar individu dan kemampuan untuk mengenali emosi, suasana hati, perspektif, dan motivasi orang.”

  1. Kecerdasan Intrapersonal

Shearer (2004 : 6) menjelaskan bahwa “Fungsi penting dari kecerdasan intrapersonal ialah meliputi penilaian diri yang akurat, penentuan tujuan, memahami diri atau introspeksi, dan mengatur emosi diri. Kecerdasan ini merupakan kemampuan seseorang memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan dengan pemahaman tersebut.

  1. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan ini merupakan kemampuan untuk mengetahui dan mengelompokkan spesies flora dan fauna baik secara formal maupun informal. Shearer (2004 : 6) menjelaskan bahwa “Orang yang menonjol dalam kecerdasan naturalis menunjukkan rasa empati, pengenalan, dan pemahaman tentang kehidupan dan alam (tanaman, hewan, geologi)”.

Setiap manusia pasti memiliki salah satu ataupun lebih dari kedelapan kecerdasan tersebut untuk digunakan ataupun membantu kegiatan sehari-hari. Sebagian kecerdasan itu dapat diperoleh dari berlatih  atau bawaan sejak lahir (bakat). Oleh karena itu mulailah kenali kecerdasan yang dimiliki untuk memudahkan Anda mengetahui bakat dan cita – cita yang sebenarnya.(Wibby)

 

Sumber :

hai-online.com

talentcoach.co.id

Related Posts