Kado Spesial untuk Indonesia di Usia ke 71

Hari ulang tahun memang identik dengan hadiah dan perayaan, begitu pula dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang menginjak usia 71 tahun. Berbagai perayaan dilakukan guna memperingati hari bersejarah bagi Negera Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, mulai dari panjat pinang, balap karung, makan krupuk, dan sebagainya. Namun, hadiah yang paling ditunggu datang dari atlet Indonesia yang mengikuti Olimpiade Rio de Janeiro, di Brazil. Atlet bulu tangkis Indonesia pada cabang ganda campuran yaitu Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil meraih medali emas tepat 3 menit sebelum tanggal 17 Agustus berakhir.

Pasangan yang lebih akrab dengan sebutan Owi dan Butet ini telah mengalahkan pasangan Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying asal Malaysia. Meski Liliyana sempat terburu – buru pada set kedua tetapi keduanya kembali berkolaborasi dengan baik. Hingga akhirnya pasangan yang bersama sejak 6 tahun lalu ini berhasil memberikan kado terindah bagi Indonesia. Hanya dalam 2 set pertandingan yang berlangsung selama 45 menit dengan skor 21 – 14 dan 21 – 12. Owi pun langsung melakukan sujud di lapangan bulu tangkis tempatnya bertanding sebagai bentuk syukur atas kemenangan dan kebahagiaannya. Sedangkan Butet menghambur kepelukan pelatihnya, Richard Mainaky di tepi lapangan dengan ekspresi bahagia yang kentara. Kemenangan yang diraih pasangan asal Banyumas dan Medan ini berhasil mengembalikan tradisi emas Indonesia yang sempat terputus pada Olimpiade London 2012 lalu. Hingga akhirnya bendera merah putih berhasil dikibarkan di stadion bulu tangkis Riocentro diiringi lagu Indonesia Raya pada HUT RI yang ke 71.

tantowi-lilyana-medali-badmintonupdate-594x3551

Mengiringi kemenangan yang diraih keduanya, Owi dan Butet mendapat banyak ucapan selamat dari masyarakat Indonesia melalui sosial media. Tidak terkecuali orang nomer satu di Indonesia yaitu Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia yang mengucapkan selamat. “Akhirnya, kita dengar Indonesia Raya di Olimpiade Rio 2016. Medali Emas dari Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir. Selamat! –Jkw ,” tutur beliau melalui akun twitternya. Bahkan, Imam Nahrawi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) juga telah menyiapkan uang sejumlah 5 milyar rupiah bagi pasangan ini, yang memang dijanjikan bagi atlet Indonesia yang berhasil meraih medali emas pada Olimpiade Rio kali ini.

Tak berhenti disitu saja, pada hari Selasa (23/08) nanti, Tantowi dan Liliyana yang diperkirakan tiba di Indonesia pada sore hari akan diarak keliling Jakarta menggunakan bus tingkat terbuka. Dengan rute dari Bandara Soekarno–Hatta, Tangerang, dan berakhir di Istana Negara, Jakarta Pusat yang nantinya akan disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo. PB Djarum pun ikut memberikan bonus kepada pasangan ini yang akan diberikan pada 1 September nanti bertepatan dengan welcome dinner finalis Djarum Beasiswa Bulutangkis U–13 dan U–15 . “Hal ini diharapkan dapat dapat menginspirasi pebulutangkis muda yang tengah berjuang menitih karir,” ucap Budi Darmawan selaku Manajer Bhakti Olahraga Djarum Foundation pada Bola.net. Raja Sapta Oktohari selaku Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di Olimpiade Rio 2016 juga turut berkomentar. “Olimpiade Rio merupakan titik balik kita terhadap olah raga Indonesia sebelum menjadi tuan rumah Asian Games 2018 mendatang. Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi pahlawan dalam olahraga,” jelas Okto pada Bola.net.(Novella)